pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Sidang MK, Ahli: Laman Situng KPU diretas, 15 menit normal kembali

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Sistem Informasi Perhitungan (Situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan laman infopemilu.kpu.goi.d eror. (Abdul Hakim) (Abdul Hakim/)

Jakarta (ANTARA) - Ahli ilmu komputer Prof Marsudi Wahyu Kisworo menyatakan bahwa Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Komisi Pemilihan Umum memiliki keamanan yang maksimal, sehingga bila website situng ini diretas, kondisinya akan kembali normal selang beberapa menit.

"Nah yang kita lihat itu website situng adalah merupakan bagian dari cerminan (virtualisasi), sehingga kalau sistem di web ini mau diretas, sekali pun dibom juga nggak apa-apa, karena 15 menit kemudian otomatis akan direfresh menjadi baru lagi," ujar Marsudi, di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis.
Baca juga: Sidang MK, Ahli katakan laman Situng miliki 5 disclaimer

Marsudi mengatakan hal tersebut ketika menjawab pertanyaan juru bicara yang mengklaim ahli lain menilai situng yang tidak aman karena mudah dipengaruhi faktor eksternal.

"Pertama saya ingin sampaikan bahwa situng dengan website situng berbeda, kalau yang dimaksud ahli tersebut adalah website situng mungkin benar, namun sistemnya sendiri tidak seperti itu," ujar Marsudi.

Lebih lanjut Marsudi mengatakan keamanan situng dirancang sedemikian rupa, sehingga meskipun faktor eksternal mempengaruhi website situng, tidak lebih dari 15 menit website tersebut akan diperbaharui secara otomatis dengan data yang baru.

Mengenai klaim ahli dari pihak Pemohon yang menyebutkan bahwa entri data situng dapat dilakukan editing, Marsudi mengatakan bahwa perubahan yang terjadi dalam situng dimungkinkan karena adanya perbaikan data secara berjenjang berdasarkan formulir C1.
Baca juga: Sidang MK, saksi ahli: Hasil situng tak untungkan salah satu capres
Baca juga: Sidang MK, ahli KPU: Input data di Situng tak bisa diakses dari luar

Pewarta:
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019
Sidang MK, saksi ahli: Hasil situng tak untungkan salah satu capres Sebelumnya

Sidang MK, saksi ahli: Hasil situng tak untungkan salah satu capres

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten Selanjutnya

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten