pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPU Kota Jayapura akui penggelembungan suara di Distrik Heram

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Kotak-kotak suara berisi dokumen milik KPU Kota Jayapura nampak dikeluarkan oleh anggota Polri dari tempat pleno yang dilaksanakan dis alah satu hotel yang berlokasi di jalan Percetakan, Kamis (16/5).
Apapun keputusan KPU Papua akan ditindak lanjuti oleh KPU Kota Jayapura, kata Injama
Jayapura (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jayapura Oktovianus Injama mengakui terjadinya penggelembungan suara dalam pencoblosan yang terjadi bulan April lalu di Distrik Heram.

"Memang benar adanya kasus penggelembungan suara di Distrik Heram sehingga proses rekapitulasi perhitungan suara di distrik tersebut tidak bisa dilaksanakan," kata Injama di Jayapura, Kamis.

Namun untuk penyelesaiannya diserahkan ke KPU provinsi mengingat saat ini pleno tingkat kota sudah berakhir sejak Kamis (16/5) sekitar pukul 10.30 WITt, kata Injama kepada Antara.

Dikatakannya, penggelembungan itu terjadi akibat jumlah pemilih melebihi data DPT (daftar pemilih tetap) Distrik Heram yang tercatat 60.331 pemilih.

Saat pencoblosan berlangsung, jumlah pemilih yang melakukan pencoblosan mencapai 70 ribuan pemilih, baik presiden, DPR RI, DPR provinsi,DPRD Kota maupun DPD RI.

Karena itulah pihaknya menyerahkan keputusannya ke KPU Papua beserta berbagai masalah yang direkomendasikan Bawaslu serta keberatan yang diajukan saksi.

“Apapun keputusan KPU Papua akan ditindak lanjuti oleh KPU Kota Jayapura,” kata Injama.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Jayapura Frans Rumsarwir mengaku, pihaknya akan memproses kasus penggelembungan suara di Distrik Heram karena kemungkinan masuk dalam pidana pemilu.

Bawaslu terus melakukan kajian dan meminta keterangan sejumlah saksi terkait kasus tersebut, katanya.
Pewarta:
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019
Mayoritas TPS desa Batumerah bedah kotak suara Sebelumnya

Mayoritas TPS desa Batumerah bedah kotak suara

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten Selanjutnya

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten