counter

Jokowi-Amin raih suara terbanyak dari 27 kabupaten Papua

Tingkat partisipasi Pemilu 2019 tertinggi setelah reformasi
Proses pelaksanaan penghitungan suara Kabupaten Asmat (ANTARA News Papua / Hendrina Dian Kandipi)
Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 27 kabupaten di Provinsi Papua yang telah melakukan pleno rekapitulasi khususnya untuk suara pilpres di tingkat provinsi, secara keseluruhan suara terbanyak diraih oleh pasangan bernomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dengan persentase 90 hingga 100 persen.

Adapun jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Provinsi Papua sebanyak 3.542.544 orang yang tersebar di 15.250 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Di mana hingga berita ini diturunkan Kamis, proses pelaksanaan rekapitulasi perhitungan suara untuk tingkat Provinsi Papua di Jayapura belum tuntas, yakni untuk Kabupaten Kepulauan Yapen dan Kota Jayapura.

Sedangkan hasil dari rekapitulasi perhitungan suara terakhir yakni Kabupaten Intan Jaya pada Rabu malam (15/5) menyatakan pasangan nomor urut 01 unggul dibandingkan nomor urut 02.

Ketua KPU Kabupaten Intan Jaya Krismas Bagau di Jayapura, mengatakan dari hasil pemilihan presiden, pasangan calon presiden dan wakil presiden 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin meraih 74.029 suara dan pasangan 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 11.309 suara.

"Jumlah surat suara yang tidak sah di Kabupaten Intan Jaya sebanyak dua lembar, sedangkan jumlah surat suara sah sebanyak 85.338 lembar, " katanya.

Senada dengan Krismas Bagau, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Theodorus Kossay mengatakan pihaknya masih memperbaiki hasil rekapitulasi perhitungan suara dari Kepulauan Yapen dan masih menunggu pelaksanaan rekapitulasi sejumlah distrik di Kota Jayapura yang belum tuntas.

"Kami telah menggelar rapat bersama dan mengajukan permohonan tambahan waktu rekapitulasi ke KPU RI selama satu hingga dua hari," katanya.
 
Pewarta:
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019
Prabowo ungguli Jokowi di Makassar Sebelumnya

Prabowo ungguli Jokowi di Makassar

Seorang anggota DPRD Jember terpilih naik ojek untuk hadiri pelantikan Selanjutnya

Seorang anggota DPRD Jember terpilih naik ojek untuk hadiri pelantikan