counter

PSI pilih calon wali kota Surabaya dengan kompetensi setara Risma

DKPP rehabilitasi ketua KPU - Bawaslu terkait Bupati Mandailing Natal
Sekretaris DPD PSI Surabaya, William Wirakusuma. (istimewa)
Surabaya (ANTARA) - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan memilih kriteria calon wali kota Surabaya pada Pilkada Surabaya 2020 yang memiliki kompetensi yang sama dengan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

"Bisa jadi standar kompetensi minimal seperti Bu Risma," kata Sekretaris DPD PSI Surabaya, William Wirakusuma, di Surabaya, Selasa.

Meski demikian, dia mengatakan, PSI sampat saat ini belum memiliki Cawali maupun Cawawali yang akan diusung pada Pilkada Surabaya 2020. Selain itu, lanjut dia, pihaknya masih menunggu instruksi langsung dari DPP PSI.

"Kemungkinan ada mekanisme wawancara dan di live streaming seperti seleksi caleg," kata caleg dari dapil 3 yang dipastikan lolos di DPRD Surabaya ini.

Saat ditanya apakah calon wali kota-wakil wali kota Surabaya yang akan disusung nanti dari luar partai, ia mengatakan hal itu bisa saja terjadi tentunya dengan standar kompetensi minimal seprti yang ada pada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Mengenai bakal calon wali kota Surabaya yang sudah beredar saat ini, dia mengatakan calon-calon tersebut belum diteliti oleh PSI secara detail. Tentunya, lanjut dia, pihaknya juga masih menunggu masukan dari masyarakat mengenai kompetensi mereka.

"Tentunya juga perlu masukan dari DPW PSI Jawa Timur dan DPP PSI. Itu semua kan harus ada penilaiannya," katanya.

Adapun calon wali kota-wakil wali kota Surabaya yang sudah beredar saat ini, yakni Whisnu Buana (ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya sekaligus wakil wali kota Surabaya), Vinsensius Awey (caleg DPR dari Partai NasDem dan anggota DPRD Surabaya), Fandi Utomo (caleg DPR dari PKB), KH Zahrul Azhar As’ad atau Gus Hans (juru bicara Khofifah Parawansa-Emil Dardak saat memenangi Pilkada Jawa Timur 2018), dan lainnya.

Diketahui perolehan suara Pemilu 2019 di KPU Kota Surabaya, PSI mendapatkan suara partai politik dan caleg di lima Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Surabaya sebesar 90.758 suara dengan perincian Dapil 1 mendapatkan 18.189 suara, Dapil 2 mendapatkan 11.342 suara, Dapil 3 mendapatkan 29.659 suara, Dapil 4 mendapatkan 13.742 suara dan Dapil 5 mendapatkan 17.826 suara.

Dengan demikian PSI mendapatkan empat kursi di DPRD Surabaya. Adapun caleg yang dipastikan lolos yakni Alfian Limardi dari Dapil 1 mendapat 2.964 suara, William Wirakusuma dari Dapil 3 mendapat 5.142 suara, Tjutjuk Supariono/Khendy Ferary dari Dapil 4 yang masing-masing mendapatkan 2.502 suara dan Josiah Michael dari dapil 5 mendapatkan 3.883 suara.

 

Bertemu Jokowi, PSI perkenalkan kader muda

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019
PSI Surabaya akan ganti anggota dewan dengan tingkat kehadiran rendah Sebelumnya

PSI Surabaya akan ganti anggota dewan dengan tingkat kehadiran rendah

Bawaslu: dua orang dipenjara akibat politik uang di Jakarta Selanjutnya

Bawaslu: dua orang dipenjara akibat politik uang di Jakarta