counter

KPU Kalteng telah selesaikan pleno rakapitulasi tingkat nasional

Tingkat partisipasi Pemilu 2019 tertinggi setelah reformasi
Komisioner KPU Kalteng, Wawan Wiraatmaja. (Foto Antara Kalteng/Muhammad Arif Hidayat)
Palangka Raya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah telah menyelesaikan pleno rekapitulasi perolehan suara pada pemilu 2019 di tingkat nasional di KPU RI, Jakarta.

"Pada pleno rekapitulasi tingkat nasional, untuk provinsi Kalteng sudah selesai," kata Komisioner KPU Kalteng Wawan Wiraatmaja saat dikonfirmasi dari Palangka Raya, Senin.

Saat ini para Komisioner KPU Kalteng masih berada di Jakarta. Sementara pleno rekapitulasi perolehan suara pada Pemilu 2019 tingkat nasional dijadwalkan hingga 22 Mei mendatang.

"Untuk itu direncanakan kami besok sudah bisa kembali ke Kalteng. Sementara untuk KPU provinsi lain yang belum masih akan mengikuti pleno rekapitulasi tingkat nasional," kata Wawan.

Sementara terkait hasil perolehan suara DPRD Kalteng, pihaknya masih belum bisa berkomentar lebih lanjut karena menunggu pengumuman resmi usai tahapan penyelesaian sengketa pemilu.

Sementara itu, Berdasarkan berita acara KPU tentang rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara DPRD di tingkat Provinsi Kalteng, PDIP berpeluang meraih 12 kursi, disusul Partai Golkar 7 kursi, Partai Demokrat 6 kursi, Partai Nasdem 5 kursi, Partai Gerindra 5 kursi, PKB 3 kursi, PAN 2 kursi, PPP 1, Hanura 1, PKS 1 dan Perindo 1.

Dari perolehan kursi tersebut, unsur pimpinan DPRD Kalteng periode 2019-2014 untuk Ketua diraih oleh PDIP, Wakil Ketua I Partai Golkar, Wakil Ketua II Demokrat, dan Wakil Ketua III Partai Nasdem, sebagai parpol yang memperoleh suara terbanyak pertama hingga keempat.

Sedangkan Partai Gerindra pada periode 2014-2019 yang meraih jabatan Wakil Ketua I harus rela tergeser oleh Partai Nasdem, sebab, sekalipun sama-sama meraih 5 kursi dengan Nasdem, namun perolehan suara secara keseluruhan mengalahkan Partai Gerindra.

Untuk nama calon DPRD Kalteng yang berpeluang terpilih dari dapil I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas yakni Lohing Simon dari PDIP,  Siti Nafsiah dari Partai Golkar, Duwel Rawing dari PDIP, Faridawaty Darland Atjeh dari NasDem, Kuwu Senilawati dari Gerindra, Andina Thresia Narang dari PDIP, HM Sriosako dari Demokrat, Evi Kahayanti dari PKB, Sengkon dari Perindo, dan Natalia dari Hanura.

Sementara dapil II DPRD Kalteng meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan yakni Artaban dari PDIP, Sudarsono dari Golkar, Yeni Maria Marselina Kahta dari Demokrat, Rizki Amalia Darwan Ali dari PAN, Jainudin Karim dari Gerindra, Fery Khaidir dari PDIP, Toga Hamonangan Nadeak dari NasDem, Fajar Hariady dari PKB, Irawati dari PDIP, dan Sinar Kamala dari Golkar.

Dapil tiga DPRD Kalteng meliputi Kotawaringin Barat, Lamandau, dan Sukamara yakni Abdul Razak dari Golkar, Jubair Arifin dari PDIP, Bryan Iskandar dari  NasDem, Heri Santoso dari Demokrat, Sugiyarto dari Gerindra, Sarwani dari Golkar, dan Maryani Sabran dari PDIP.

Dapil empat DPRD Kalteng meliputi Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, dan Murung Raya yakni Jimmy Carter dari Demokrat, Ina Prayawati dari PDIP, Henry dari NasDem, Purman Jaya dari PKB,  Achmad Rasyid dari Gerindra, Sri Neni Trianawati dari Golkar, Siswandi dari Demokrat, Sirajul Rahman dari PKS, dan Yulilis dari PDIP.

Kemudian di dapil lima DPRD Kalteng meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau yakni Wiyatno dari PDIP, Maruadi dari Golkar, Achmad Amur dari PPP, Niksen S Bahat dari NasDem, Rusita Irma dari PKB Yohanes Fredy Ering dari PDIP, Andayani dari Gerindra, Muhajirin dari Demokrat, dan Tomy Irawan A Diran dari PAN.

Pasca Terbakar, KPU Kalteng Tetap Berkegiatan

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019
120 nama berpeluang duduk di DPRD Jatim 2019-2024 Sebelumnya

120 nama berpeluang duduk di DPRD Jatim 2019-2024

49 anggota DPRD Tulungagung resmi dilantik Selanjutnya

49 anggota DPRD Tulungagung resmi dilantik