pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Belasan penyelenggara pemilu di Mimika jalani perawatan

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Ketua KPU Mimika Indra Ebang Ola. (ANTARA News Papua/Evarianus Supar)
Timika (ANTARA) - Sebanyak 14 orang penyelenggara pemilu tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Distrik (PPD) di Kabupaten Mimika jatuh sakit dan kini menjalani perawatan di sejumlah klinik kesehatan di Kota Timika.

Ketua KPU Mimika Indra Ebang Ola di Timika, Senin, mengakui sejumlah penyelenggara pemilu tersebut sakit lantaran kelelahan selama proses penghitungan dan rekapitulasi suara pemilu yang berlangsung secara marathon sejak pemungutan suara Rabu 17 April hingga proses lanjutan di tingkat PPD.

"Ada yang sudah sembuh, tapi ada beberapa masih diopname di klinik karena kondisinya masih lemah," kata Indra.

Menurut dia, para penyelenggara yang menjalani perawatan tersebut tersebar pada beberapa distrik seperti Mimika Barat, Mimika Timur, Kadun Jaya dan Mimika Baru.

KPU Mimika memastikan seluruh biaya pengobatan dan perawatan selama para penyelenggara pemilu yang sakit tersebut ditanggung penuh oleh KPU Mimika.

"Kita siap bertanggung jawab di klinik mana saja mereka berobat dan dirawat, nanti kita yang akan menyelesaikan semua biaya pengobatan dan perawatan mereka," jelas Indra.

Hingga kini sebagian distrik di Mimika belum merampungkan proses rekapitulasi dan penghitungan suara pemilu.

Dari 18 distrik (kecamatan) di Mimika, sudah lebih dari 10 distrik yang telah selesai menggelar rapat pleno rekapitulasi dan penghitungan suara pemilu tingkat distrik.

Distrik-distrik yang masih melaksanakan rapat pleno rekapitulasi dan penghitungan suara pemilu yaitu Mimika Baru (mencakup dua daerah pemilihan yaitu Dapil I dan Dapil II), Wania (Dapil III), Tembagapura (Dapil V) dan Hoeya (Dapil V).

"Distrik-distrik yang masih sementara melaksanakan rekapitulasi suara pemilu dipastikan dalam waktu satu sampai dua hari ke depan sudah selesai. Adapun untuk proses rekapitulasi suara pemilu tingkat kabupaten kami dahulukan distrik-distrik yang sudah selesai melaksanakan pleno penetapan rekapitulasi suara pemilu di tingkat distrik, distrik yang lain akan menyesuaikan," jelas Indra.

KPU Mimika telah menjadwalkan pembukaan rapat pleno rekapitulasi dan penghitungan suara pemilu serentak 2019 pada Selasa (30/4) bertempat di Hotel Serayu Timika.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019
KPU Kota Madiun lakukan pemantauan ke parpol terkait LPPDK Sebelumnya

KPU Kota Madiun lakukan pemantauan ke parpol terkait LPPDK

Khofifah optimistis putusan MK tak ubah hasil Pilpres 2024 Selanjutnya

Khofifah optimistis putusan MK tak ubah hasil Pilpres 2024