pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPU laksanakan PSL di 19 TPS di Kabupaten Kotawaringin Timur

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Logo Komisi Pemilihan Umum (KPU). (FOTO ANTARA)
Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah Harmain Ibrohim mengatakan sebanyak 19 Tempat Pemungutan Suara (TPS) melakukan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL).

"Pelaksanaan PSL itu dilaksanakan di empat kecamatan yang didasarkan pada surat rekomendasi Bawaslu Kabupaten Kotawaringin Timur," kata Harmain Ibrohim di Palangka Raya, Jumat.

Dia menerangkan, dari 19 TPS yang melaksanakan PSL itu, 15 diantaranya melakukan pemungutan suara ulang khusus DPD RI dan sisanya pemungutan suara khusus presiden.

"Sebanyak 19 TPS itu tersebar di delapan desa/kelurahan di Kabupaten Kotawaringin Timur," kata Komisioner KPU Kalteng Divisi Keuangan Umum dan Logistik itu.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di 15 TPS yang melaksanakan PSL DPR-RI sebanyak 2.546 pemilih sementara empat TPS yang melaksanakan PSL presiden sebanyak 987 pemilih.

"Diantara penyebab dilaksanakannya pemungutan suara lanjutan itu karena kurangnya surat suara DPD RI dan presiden di TPS yang masing-masing melaksanakan PSL tersebut. PSL dijadwalkan pada 27 April nanti," katanya.

Selain melaksanakan PSL, lanjut Harmain, pihak KPU di Kalimantan Tengah tepatnya di Kabupaten Barito Selatan juga akan melaksanakan pemungutan suara ulang.

"PSU itu dilaksanakan di TPS 6 Kelurahan Pendang, Kecamatan Dususn Selatan, Kabupaten Barito Selatan dan akan dilaksanakan pada Sabtu 27 April mulai pukul 07.00 WIB," katanya.

PSU di TPS itu dilaksanakan karena saat pemungutan suara ditemukan dua warga dari kelurahan tetangga menggunakan hak pilih di TPS setempat. Hal itu juga telah memenuhi syarat untuk dilakukan PSU.

Sebelumnya lima TPS di Kalimantan Tengah tepatnya di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Barito Utara juga telah melaksanakan PSL dan PSU. Pelaksanaannya juga berjalan lancar.

"Sosialisasi terhadap warga terkait PSU dan PSL yang akan dilaksanakan 27 April itu terus dilaksanakan. KPU Kabupaten juga telah menyiapkan logistik PSL dan PSU tersebut," kata Harmain.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019
Bawaslu Tolikara kirim tim investigasi ke Nunggawi Sebelumnya

Bawaslu Tolikara kirim tim investigasi ke Nunggawi

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten Selanjutnya

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten