counter

124 juta cuitan warnai Pemilu 2019

Tingkat partisipasi Pemilu 2019 tertinggi setelah reformasi
Country Industry Head Twiter Indonesia & Malaysia, Dwi Ardiansah (paling Kanan) dalam temu media. (ANTARA News/Arindra Meodia)
Jakarta (ANTARA) - Twitter Indonesia mencatat jumlah unggahan ke layanan mereka atau "cuitan" yang berkaitan dengan Pemilihan Umum 2019 mencapai lebih dari 124 juta cuitan, atau meningkat 30 persen dibandingkan Pemilu 2014.

Dalam keterangan tertulis kepada Antara di Jakarta, Kamis, sebanyak 124 juta cuitan itu dihitung Twitter sejak hari pertama kampanye pada 23 Septermber 2018 hingga 24 April 2019, atau satu pekan setelah hari pemungutan suara.

Pada pemungutan suara 17 April, terdapat 3,1 juta cuitan dari warganet Indonesia, termasuk mereka yang berada di Indonesia maupun luar negeri. Mereka membagikan pengalaman mereka terkait Pemilu di platform microblog tersebut.

Puncak unggahan dan percakapan saat pemungutan suara terjadi sekitar pukul 17.00-18.00 WIB, jumlah cuitan mencapai lebih dari 220.000 per menit. Momen itu terjadi selepas Pasangan Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Pasangan Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno menggelar konferensi pers.

Twitter Indonesia juga mencatat masing-masing calon presiden memiliki cuitan yang paling banyak di-cuit ulang oleh para pengikutnya.

Joko Widodo mengunggah ucapan terima kasih kepada rakyat Indonesia yang telah menggunakan hak suaranya melaui akun Twitter resminya.
 

Cuitan Prabowo Subianto yang paling populer diulang para pengguna Twitter Indonesia antara lain berkaitan dengan imbauan untuk mengawal Pemilu 2019.

KPU tetapkan 55 calon terpilih anggota DPRD Provinsi Papua

Pewarta:
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019
Bawaslu Sleman temukan salah masukan data di beberapa TPS Sebelumnya

Bawaslu Sleman temukan salah masukan data di beberapa TPS

Seorang anggota DPRD Jember terpilih naik ojek untuk hadiri pelantikan Selanjutnya

Seorang anggota DPRD Jember terpilih naik ojek untuk hadiri pelantikan