Rekapitulasi penghitungan suara 31 PPK di Jember hampir tuntas

HMI Padang tuntut pemerintah segera evaluasi pemilu 2019
Rapat pleno terbuka hasil rekapitulasi perolehan suara di tingkat PPK Tempurejo, Kabupaten Jember yang selesai lebih awal pada Minggu (21/4) (istimewa)
Semakin banyak desa/kelurahan, maka akan membutuhkan waktu semakin lama untuk melakukan rekapitulasi penghitungan suara, bahkan ada beberapa PPK melakukan penghitungan ulang untuk TPS tertentu karena perbedaan perolehan suara data C1 hologram tidak s
Jember (ANTARA) - Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi mengatakan rekapitulasi penghitungan suara di 31 panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Kabupaten Jember, Jawa Timur hampir tuntas karena 26 PPK sudah selesai melakukan rekapitulasi penghitungan suara.

"Masih ada lima PPK yang belum selesai yakni PPK Patrang, Sumbersari, Kaliwates, Puger, dan Jenggawah, namun diprediksi Rabu malam sudah selesai," katanya di Kantor KPU Jember, Rabu.

Menurutnya seluruh PPK di Jember memulai rekapitulasi penghitungan suara sejak Sabtu (20/4) dan Minggu (21/4), namun waktu yang dibutuhkan masing-masing PPK tidak sama untuk melakukan rekapitulasi karena disesuaikan dengan jumlah desa/kelurahan yang ada di masing-masing kecamatan tersebut dan belum lagi ketika ada penghitungan ulang.

"Semakin banyak desa/kelurahan, maka akan membutuhkan waktu semakin lama untuk melakukan rekapitulasi penghitungan suara, bahkan ada beberapa PPK melakukan penghitungan ulang untuk TPS tertentu karena perbedaan perolehan suara data C1 hologram tidak sama dengan C1 salinan yang dibawa saksi," tuturnya.

Secara umum, lanjut dia, rekapitulasi penghitungan suara di PPK berjalan lancar dan aman, namun banyak petugas penyelenggara pemilu yang ambruk pingsan dan sakit karena kelelahan.

"KPU Jember menjadwalkan rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten melalui rapat pleno terbuka pada Minggu (28/4) di salah satu hotel di Kabupaten Jember," katanya.

Sementara Ketua PPK Sumbersari Andi Wasis mengatakan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat PPK membutuhkan waktu selama lima hari dan rekap dimulai sejak Sabtu (20/4) karena ada tujuh kelurahan di Kecamatan Sumbersari yakni Kelurahan Sumbersari, Wirolegi, Karangrejo, Kranjingan, Kebonsari, Tegalgede, dan Antirogo.

"Rekapitulasi penghitungan suara di Kecamatan Sumbersari diprediksi tuntas pada Rabu malam dan logistik pemilu akan dikirim kembali ke KPU Jember," katanya.

Berdasarkan data KPU Jember, ada beberapa PPK yang selesai melakukan rekapitulasi penghitungan suara lebih awal pada Minggu (21/4) yakni PPK Arjasa, PPK Sukowono, PPK Tempurejo, dan PPK Umbulsari.

Baca juga: BPN sebut Prabowo-Jokowi akan bertemu usai Pemilu
Baca juga: TPS 13 Rangkasbitung gelar pemungutan suara ulang
Baca juga: DPR minta Bawaslu awasi proses rekapitulasi suara

Buka puasa bersama keluarga di rumah tahanan

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019
Ditangkap polisi, Ketua PPD Madi segera diganti Sebelumnya

Ditangkap polisi, Ketua PPD Madi segera diganti

PKB ajukan 28 permohonan PHPU ke MK Selanjutnya

PKB ajukan 28 permohonan PHPU ke MK