pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

PPK Tanah Abang selesaikan rekapitulasi suara pada satu kelurahan

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Suasana proses rekapitulasi penghitungan suara Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, di Gelanggang Olahraga Remaja Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019).(ANTARA News/Fathur Rochman)
Jakarta (ANTARA) - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tanah Abang, Jakarta Pusat, telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan perolehan suara di satu kelurahan pada pemilihan umum 2019, yakni Kelurahan Gelora.

"Yang sudah selesai Kelurahan Gelora," ujar anggota panitia pemungutan suara (PPS) Bambang Trimargono, di Gelanggang Olahraga Remaja Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin.

Rekapitulasi penghitungan perolehan suara di Kecamatan Tanah Abang meliputi tujuh kelurahan, yakni Kelurahan Bendungan Hilir, Karet Tengsin, Kebon Melati, Kebon Kacang, Kampung Bali, Petamburan dan Gelora. Adapun proses rekapitulasi telah dilaksanakan sejak Jumat (19/4).

Bambang mengatakan proses rekapitulasi perolehan suara secara keseluruhan berjalan lancar. Hanya terdapat sejumlah kendala kecil, seperti salah hitung dan kelelahan yang dialami para petugas.

"Palingan karena capek, hitungnya jadi enggak pas karena capek," ucap Bambang.

Kelelahan yang dialami oleh petugas rekapitulasi suara, kata Bambang, disebabkan oleh ritme kerja yang tinggi dan para petugas dituntut untuk teliti, serta bekerja dalam waktu yang lama.

Dia mengatakan, para petugas mulai melakukan rekapitulasi perolehan suara pada pukul 07.00 WIB, dan baru selesai pada dinihari, atau bahkan hingga menjelang pagi di hari berikutnya.

Ritme kerja seperti itu dikatakan Bambang telah berlangsung sejak awal pelaksanaan rekapitulasi.

Proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara di tingkat kecamatan akan berlangsung selama kurang lebih 17 hari sebelum hasilnya dibawa ke tingkat kabupaten atau kota.

Proses rekapitulasi di tingkat kabupaten atau kota akan dilakukan serentak pada 22 April hingga 7 Mei 2019.

Proses rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di Kecamatan Tanah Abang mendapat pengamanan dari TNI, Polri, dan Brimob, terdiri dari tujuh personel Koramil Tanah Abang, 10 personel dari Polsek Metro Tanah Abang, dan 90 personel dari Kelapa Dua Depok.

"Hingga saat ini situasi masih kondusif, tidak ada masalah," ujar anggota Polsek Metro Tanah Abang, Aiptu Hardjono.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019
Kagama meminta para kontestan pemilu menunggu keputusan resmi KPU Sebelumnya

Kagama meminta para kontestan pemilu menunggu keputusan resmi KPU

Prabowo dan Paloh sepakat kerja sama untuk kepentingan rakyat Selanjutnya

Prabowo dan Paloh sepakat kerja sama untuk kepentingan rakyat