SBLF: sejumlah petahana asal Sumbar terpilih kembali di DPR

Kapolda Metro Jaya tinjau keamanan KPU RI
Direktur SBLF Riset Edo Andrefson (kanan) (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)
Padang, (ANTARA) - Hasil pendataan sementara hasil Pemilu 2019 yang dilakukan lembaga survei Sumatera Barat, Leaderhip Forum (SBLF) Riset memperkirakan sejumlah caleg petahana di Sumatera Barat bakal terpilih kembali di DPR RI.

"Berdasarkan penghitungan sementara yang dilakukan untuk daerah pemilihan Sumbar I kursi pertama bakal diraih oleh Partai Gerindra yang diperoleh Andre Rosiade," kata Direktur SBLF Riset Edo Andrefson di Padang, Minggu.

Menurut dia, pada Pemilu 2019 Partai Gerindra berpeluang mendapatkan dua kursi di dapil Sumbar I yaitu kursi pertama dan kursi ke-7.

Sementara untuk kursi kedua bakal diperoleh Partai Nasdem dengan caleg Lisda Hendrajoni. Namun, ia menilai terjadi persaingan antara Lisda dengan Endre Saiful calon petahana yang sebelumnya sudah menjabat.

Lalu kursi ketiga bakal diperoleh PAN dengan caleg Asli Chaidir yang juga merupakan sosok petahana.

Selanjutnya kursi keempat bakal diraih Partai Demokrat yaitu Darizal Basyir yang juga merupakan calon petahana. Berdasarkan data yang dihimpun di Kabupaten Pesisir Selatan Darizal Basir menang cukup telak.

Berikutnya kursi kelima bakal diduduki oleh Golkar dengan kandidatnya antara Weno Aulia atau Syaidal Masfiyuddin. Kemudian kursi keenam bakal diambil oleh PKS dengan caleg Hermanto yang merupakan calon petahana.

Lalu kursi ketujuh berpeluang diraih kembali oleh Gerindra yaitu antara Syuir Syam atau Edriana.

Sedangkan kursi terakhir di Sumbar bakal sengit karena ada sejumlah partai yang mengincar mulai dari PAN dengan caleg Athari Gauti, PDI Perjuangan dengan Alex Indralukman hingga PPP.

Sementara di dapil Sumbar II kursi pertama bakal diduduki oleh Ade Rizki Pratama yang merupakan sosok petahana. Kursi kedua milik Demokrat yaitu calon petahana Mulyadi dan kursi ketiga oleh Golkar yakni calon petahana Jhon Kenedy.

Selanjutnya kursi keempat bakal menjadi milik PKS yaitu Nevi Zuarina yang merupakan istri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Kursi kelima bakal menjadi milik PAN diperebutkan oleh Ekos Albar dan Guspardi Gaus, dan kursi terakhir bakal menjadi milik Gerindra yakni Erizal Chaniago.
Pewarta:
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019
Hasto sebut kemenangan Jokowi-Ma'ruf dan PDIP semakin pasti Sebelumnya

Hasto sebut kemenangan Jokowi-Ma'ruf dan PDIP semakin pasti

BPN gelar rapat internal sikapi hasil pemilu Selanjutnya

BPN gelar rapat internal sikapi hasil pemilu