counter

Kiai sepuh Jatim sayangkan pernyataan Amien Rais

Pemkab Batang tutup wisata yang tidak terapkan protokol kesehatan
Ketua PBNU Saifullah Yusuf. (Foto Fiqih Arfani)

Surabaya (ANTARA) - Sejumlah kiai sepuh Jawa Timur menyayangkan pernyataan Amien Rais di video yang tersebar di media sosial yang menyampaikan bahwa hasil Pemilihan Presiden 2019 di Jatim dimenangkan oleh pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Terus terang kami menyayangkan pernyataan Pak Amien Rais yang viral di media sosial itu,” ujar Ketua PBNU Saifullah Yusuf usai menggelar pertemuan dengan kiai-kiai sepuh di kediamannya di kawasan Gayungsari Surabaya, Jumat.

Menurut dia, seharusnya Amien Rais tidak terlebih dahulu mengeluarkan pernyataan tergesa-gesa sebelum ada pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Di media sosial beredar potongan video bedurasi 1,31 menit yang memperlihatkan Amien Rais mengatakan adanya hasil “Real Count” tiga lembaga terakreditasi Bawaslu yang menurut dia perolehan Prabowo-Sandi di Jawa Timur unggul dibandingkan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Para kiai, kata dia, berharap Amien Rais bisa segera mengoreksi dan menunggu seluruh proses penghitungan suara di KPU demi menghindari timbulnya kegaduhan lebih jauh.

“Tadi saat pertemuan dengan kiai-kiai juga disinggung dan sangat menyayangkan pernyataan Pak Amin Rais itu,” kata wakil gubernur Jatim periode 2009-2019 tersebut.

Sementara itu, pertemuan tersebut dihadiri beberapa kiai sepuh, antara lain pengasuh pesantren Lirboyo Kediri KH Abdullah Kafabihi Mahrus, pengasuh pesantren Miftachussunnah Surabaya KH Miftahul Ahyar, pengasuh pesantren Ploso Kediri KH Zainuddin Djazuli dan KH Nurul Huda Djazuli.

Kemudian, pengasuh pesantren Sidogiri Pasuruan KH Nawawi Abdul Djalil, pengasuh pesantren Salafiyah Pasuruan KH Idris Hamid, pengasuh pesantren Al-Ihsan Jrangoan, Sampang KH Mahrus Malik serta sejumlah kiai sepuh lainnya.

Pertemuan tersebut diikuti tak hanya kiai yang menyatakan dukungannya ke pasangan Jokowi-Ma’ruf, tapi ada juga yang mendukung Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019.

Setelah jadi menteri dan wagub, Gus Ipul kini Wali Kota Pasuruan

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019
Pendukung Jokowi sambut baik hasil pemungutan suara Pilpres 2019 di AS Sebelumnya

Pendukung Jokowi sambut baik hasil pemungutan suara Pilpres 2019 di AS

Deklarasi dukungan relawan Anies Baswedan maju Pilpres 2024 Selanjutnya

Deklarasi dukungan relawan Anies Baswedan maju Pilpres 2024