counter

Delapan TPS di Jabar akan lakukan Pemilu lanjutan

Mendagri ajak kontestan Pilkada adu gagasan penanganan Covid-19
Kantor KPU Jawa Barat, Jalan Garut, Kota Bandung. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Bandung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menyatakan akan ada pelaksanaan Pemilu lanjutan untuk delapan TPS di Jawa Barat yang mengalami kekurangan surat suara dan surat suara yang tertukar.

Ketua KPUD Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok mengatakan jika proses pemungutan suara tersebut akan dilanjutkan pada Sabtu (20/4) atau Minggu (21/4), yang merupakan rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan sudah diketahui oleh KPU RI.

"Kami memilih pemungutan suara lanjutan di akhir pekan karena itu hari libur," kata Rifqi di Kantor KPU Jabar di Bandung, Kamis.

Menurut dia, tercatat enam TPS yang tersebar di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Subang yang kekurangan satu jenis surat suara untuk pemilihan DPRD Kabupaten.

"Ada lima TPS di Cianjur, dan satu TPS di Subang," kata Rifqi.

Selain Cianjur dan Subang, ada dua TPS di Kota Bekasi yang juga kekurangan satu jenis surat suara. Mereka tidak kebagian surat suara untuk pemilihan DPR RI.

Pemungutan suara lanjutan dilakukan untuk menyelamatkan sekitar 1.800 suara yang tidak tersalurkan pada saat Pemilu, Rabu (17/4). Angka tersebut merupakan estimasi berdasarkan perhitungan pihaknya.

"Dengan asumsi 200 suara tiap TPS, maka ya dikalikan saja dengan 8 TPS yang akan melakukan pemungutan suara lanjutan," katanya.

Menurut Rifqi, kekurangan surat suara terjadi salah satunya karena faktor TPS tambahan pasca keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), sebanyak 83 TPS di Jawa Barat.

“Yang jadi masalah ketersediaan logistik, kan, begitu. Ini kan keputusan penambahan TPS, seminggu menjelang pemilihan itu,” kata dia.

Baca juga: KPU Jabar ingin segera gelar pemilihan susulan
Baca juga: Perlengkapan TPS di Jabar sudah sampai ke tingkat desa

KPU Jabar terima hasil rekapitulasi 2 wilayah

Pewarta:
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019
Prabowo terima purnawirawan laporkan hasil pemilu Sebelumnya

Prabowo terima purnawirawan laporkan hasil pemilu

KPU sederhanakan surat suara pemilu serentak 2024 Selanjutnya

KPU sederhanakan surat suara pemilu serentak 2024