pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPPS mabuk saat bertugas digelandang ke kantor polisi

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Warga antusias mengikuti pemilu di TPS 12, RT 10 Jalan Irigasi, Kelurahan Pasar Sentral Timika, Rabu (17/4). (ANTARA News Papua/Evarianus Supar)
Timika (ANTARA) - Empat orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada TPS 48 Kelurahan Kwamki, Timika, Papua, Rabu pagi, terpaksa digelandang ke Kantor Polsek Mimika Baru lantaran dalam kondisi mabuk saat bertugas setelah menenggak minuman beralkohol.

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto di Timika, Rabu, mengatakan peristiwa mabuknya empat dari lima anggota KPPS TPS 48 Kelurahan Kwamki tersebut sempat membuat pelaksanaan pemungutan suara di TPS tersebut molor dari waktu yang dijadwalkan yaitu dimulai pukul 07.00 WIT.

"Tadi pagi kami mendapat laporan bahwa empat orang anggota KPPS TPS 48, Kelurahan Kwamki dalam kondisi mabuk sehingga pelaksanaan pemungutan suara sempat molor karena warga tidak bisa memilih dan saksi-saksi parpol pergi meninggalkan TPS," jelas AKBP Agung.

Setelah menerima laporan terkait peristiwa itu, sejumlah aparat kepolisian mendatangi lokasi TPS 48 dan langsung mengamankan empat anggota KPPS yang mabuk tersebut.

Pelaksanaan pemungutan suara di TPS 48 tersebut akhirnya bisa dilanjutkan difasilitasi oleh Ketua KPPS dibawah kendali langsung PPS Kelurahan Kwamki dan Panitia Pemilihan Distrik (PPD) Mimika Baru.

Sementara itu di TPS 30, kompleks Arena Lama, Kelurahan Pasar Sentral, petugas KPPS dilaporkan hanya memberikan dua surat suara kepada pemilih yaitu surat suara calon presiden-calon wakil presiden dan surat suara calon legislatif Kabupaten Mimika. Adapun tiga surat suara yang lain yaitu calon DPD, DPR RI dan DPRD Provinsi Papua tidak diberikan kepada pemilih dengan dalih agar pelaksanaan pemungutan suara cepat selesai.

"Ini yang jadi masalah di TPS, KPPS tidak memberikan tiga surat suara yang lain karena mau cepat-cepat selesai. Meskipun warga sudah mempertanyakan itu, tapi mereka jalan terus. Apakah ini tidak ada pengawasan," tanya Nur, salah seorang warga TPS 30, Arena Lama, Kelurahan Pasar Sentral.

Sejauh ini Bawaslu Mimika belum bisa dimintai keterangan terkait temuan yang terjadi di TPS 30, Arena Lama, Kelurahan Pasar Sentral Timika tersebut.

Pada pemilu kali ini, KPU Mimika menyiapkan 911 TPS yang tersebar pada 18 distrik dengan jumlah pemilih yang masuk dalam DPT sebanyak 231.265 orang.

Khusus di Mimika, pemilu kali ini ddikuti 458 orang calon legislatif tersebar pada enam daerah pemilihan akan bersaing memperebutkan 35 kursi DPRD Mimika periode 2019-2024.
 
Pewarta:
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2019
Ratna Sarumpaet harap Indonesia tetap damai, apapun hasilnya Sebelumnya

Ratna Sarumpaet harap Indonesia tetap damai, apapun hasilnya

Polda Metro Jaya beberkan alasan menghentikan kasus Aiman Witjaksono Selanjutnya

Polda Metro Jaya beberkan alasan menghentikan kasus Aiman Witjaksono