counter

Peneliti: Stabilisasi harga dan pekerjaan penting atasi isu ekonomi

Perludem usulkan Pilkada DKI Jakarta tahun 2022
Peneliti Koalisi Masyarakat untuk Keadilan Ekonomi Kartini Samon. (ANTARA/Istimewa)
Stabilisasi harga bahan pokok jelas punya dampak. Terjaminnya lapangan kerja juga sangat penting tentunya
Jakarta (ANTARA) - Peneliti Koalisi Masyarakat untuk Keadilan Ekonomi Kartini Samon menilai upaya stabilisasi harga bahan pokok dan penciptaan lapangan kerja lebih luas penting untuk mengatasi salah satu masalah ekonomi bangsa.

"Stabilisasi harga bahan pokok jelas punya dampak. Terjaminnya lapangan kerja juga sangat penting tentunya," kata dia menanggapi penyampaian visi misi pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi dalam Debat Pilpres 2019 di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, upaya stabilisasi bahan pokok jelas memberi dampak positif bagi produk pertanian sehingga harga di tingkat petani tidak anjlok.

Selain itu, upaya stabilisasi harga bahan pokok juga perlu didorong agar menjaga harga tetap terjangkau bagi konsumen.

Lebih lanjut, dia percaya jaminan lapangan kerja yang layak sangat penting untuk memastikan pendapatan masyarakat dan mendorong perputaran ekonomi nasional.

Dia berharap, dalam upaya menstabilkan harga bahan pokok, pemerintahan mendatang perlu menetapkan harga dasar dan operasi pasar untuk bahan pokok, bukan hanya beras, guna menghindari fluktuasi harga yang terlalu besar.

Dia juga berharap pemerintahan mendatang perlu memberikan kepastian jaminan kerja dan pengendalian sistem outsourcing (alih daya) untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan dan mengurangi pengangguran.

Sebelumnya dalam kesempatan lain, dia mengatakan bahwa pemerintah saat ini masih memberikan kebebasan yang luar biasa bagi investor untuk membangun usaha tetapi kurang memperhatikan jaminan bagi tenaga kerja jika investor itu sewaktu-waktu keluar.

Dia juga menekankan perlunya pemerintah mendatang untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga berdaya saing di tengah pesatnya globalisasi yang menuntut kualitas manusia yang lebih baik.
 

Ini alasan Prabowo-Sandi tidak ingin mengambil gaji

Pewarta:
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019
Prabowo-Sandi janjikan kebijakan swasembada pangan dan energi Sebelumnya

Prabowo-Sandi janjikan kebijakan swasembada pangan dan energi

Pilkades serentak Kabupaten Tegal Selanjutnya

Pilkades serentak Kabupaten Tegal