counter

Meneropong pesta demokrasi lewat tarot

Calon independen minimal didukung 24 ribu calon pemilih
Pembaca tarot Astried Requentillo menunjukkan empat dari 78 kartu tarot. (ANTARA News/Livia Kristianti)
Jakarta (ANTARA) - Pembaca kartu tarot Astried Requentillo mengatakan bahwa pesta demokrasi yang akan berlangsung pada 17 April mendatang akan berjalan aman dan dipenuhi antusiasme masyarakat.

"Di kartunya positf semua, enggak ada kartu yang negatif, aman-aman saja, enggak ada kerusuhan. Orang-orang antusias karena sudah lama menunggu tanggal 17 April," ujar Astried kepada Antara di Jakarta, Kamis (11/4).

"Ke depannya akan menghasilkan sesuatu yang bagus untuk masa depan Indonesia," sambung dia.

Astried membuka tiga kartu yang sebelumnya dipilih tim Antara, dari 78 kartu yang ditata berjajar di atas kain beledu warna pink. Kartu pertama adalah Three of Wands yang berarti suatu proyek atau tentang pergerakan cepat.

Kartu kedua adalah Queen of Cups yang melambangkan emosi untuk menggambarkan perasaan orang-orang yang senang menyambut pesta demokrasi. Terakhir, kartu Nine of Pentacles yang berarti kemakmuran untuk hasil setelah 17 April mendatang.

Pasca pencoblosan, Astried membaca tiga kartu. Dua kartu yang terbuka Eight of Swords dan Ace of Sword menggambarkan tentang pemikiran sang calon presiden yang tidak terpilih.

"Mungkin yang tidak terpilih itu pasti benar-benar sakit kecewa juga, cuma dia enggak akan terbelenggu dengan perasaan itu, dia akan tetap mendukung yang menang, mungkin bisa lebih dekat, jadi partner," kata Astried.

Kartu ketiga, Pour of Cup menggambarkan tentang perasaan calon presiden yang tidak terpilih. "Dia akan merelakan, jadi enggak ada kerusuhan atau hal yang negatif seperti itu," lanjut Astried.
 
Kartu tarot (ANTARA News/Livia Kristianti)


Hasil suara

Saat mencoba bertanya tentang hasil suara pada hari pemungutan suara mendatang, kartu memperlihatkan situasi yang masih tentatif.

"Mungkin karena sama-sama kuat. Keduanya bisa menang - bisa enggak, cuma kartu nomor 02 lebih bagus dari nomor 01," ujar Astried.

Kartu The Magician yang dibuka untuk calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo memperlihatkan bahwa calon presiden tersebut telah memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menjadikannya presiden.

"Sebenarnya sudah punya skill, jadi bisa maju ke depan. Ada Wheel of Fortune, artinya bakal ada keberuntungan. Keberuntungan itu mengikuti dia (nomor 01)," kata Astried.

Tim Antara kembali mengulang pertanyaan mengenai hasil suara dengan mencoba mengganti orang yang memilih kartu untuk memastikan konsistensi jawaban tarot.
 
Pembaca tarot Astried Requentillo (kiri) bersama salah satu tim Antara (kanan) saat membaca kartu untuk meneropong pesta demokrasi pemilihan presiden di Jakarta, Kamis (11/4/2019). (ANTARA News/Livia Kristianti)


"Kartunya no (tidak) semua. Enggak mau buka (menunjukkan apa yang akan terjadi)," ujar Astried.

Untuk ketiga kali, tim Antara kembali melempar pertanyaan yang sama, namun kali ini dengan tarot yang berbeda.

"Sama-sama iya, belum bisa diprediksi. Mungkin sama jumlah suaranya, tapi kalau kekuatannya lebih kuat yang nomor 01," kata Astried membaca satu kartu yang dipilih untuk masing-masing kandidat.

Kartu yang dibuka untuk Jokowi memperlihatkan gambar empat pedang yang menunjukkan calon presiden nomor urut 01 itu memiliki pribadi yang komunikatif dan tenang dalam menghadapi situasi dan mencari solusi.

Sementara, kartu yang dibuka untuk Prabowo Subianto memperlihatkan gambar tiga tongkat yang menunjukkan calon presiden nomor urut 02 itu memiliki karakter yang berani dan berpegang teguh pada prinsip.

"Empat pedang (kartu Jokowi) lebih ke pikiran atau komunikasi, orangnya lebih komunikatif. Sementara, tiga tongkat (kartu Prabowo) itu orangnya kayak lebih bergerak cepat," ujar Astried.

Video:

 
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019
247 WNI di Bangladesh gunakan hak suara pemilu Sebelumnya

247 WNI di Bangladesh gunakan hak suara pemilu

Deklarasi Santri Dukung Pemilukada Damai Selanjutnya

Deklarasi Santri Dukung Pemilukada Damai