pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Kampanye akbar Prabowo-Sandi, akses jalan ke GBK macet

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Massa pendukung pasangan Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memadati area dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, untuk menyaksikan kampanye akbar pasangan tersebut yang akan digelar di SUGBK pada Minggu (7/4). (Fathur Rochman)
Macet tadi, jalan kaki akhirnya," katanya
Jakarta (ANTARA) - Jalan-jalan yang menjadi akses masuk ke Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Minggu, macet seiring banyaknya massa yang menghadiri kampanye akbar pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Kemacetan terjadi di Jalan Jenderal Sudirman, Bendungan Hilir, Gatot Subroto, Pejompongan, Persimpangan Slipi-Palmerah, hingga Jalan Tentara Pelajar, Jakarta.

Berbagai atribut pun terlihat, mulai atribut partai politik hingga atribut para calon anggota legislatif parpol pengusung dan pendukung, seperti Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Para simpatisan datang secara individu maupun berkelompok dengan berjalan kaki menuju Gelora Utama GBK, tempat kampanye akbar Prabowo-Sandi.

Kemacetan membuat para simpatisan memarkirkan kendaraan di sekitar GBK melanjutkan dengan berjalan kaki demi bisa mendengarkan pidato Prabowo.

Seperti Yudi (54) dari kawasan Jembatan Besi, Tambora, Jakarta yang datang bersama dengan kawan-kawannya menaiki mobil untuk menghadiri kampanye akbar.

Baca juga: Polisi rekayasa arus saat kampanye terbuka Prabowo-Sandi

"Tadi naik mobil bareng-bareng, turun di Slipi, gak bisa jalan mobilnya, jadai jalan kaki. Setiap kampanye Pak Prabowo saya datang," katanya, diamini rekannya, Mae.

Senada, Ependi junaedi (34), warga Mangga Besar, Jakarta, yang merupakan simpatisan datang bersama 20 orang kawannya dengan menaiki sepeda motor beramai-ramai.

"Macet tadi, jalan kaki akhirnya," katanya, sambil mendengarkan pidato Prabowo dari luar SUGBK.

Kampanye akbar Prabowo-Sandi di SUGBK dimulai pukul 03.00 WIB, diawali dengan salat tahajud dan salat subuh berjamaah.

Hadir Prabowo Subianto, dan calon wakilnya Sandiaga Uno, dan para tokoh nasional, seperti Zulkifli Hasan, dan sejumlah ulama besar dan tokoh Islam lainnya, termasuk pedangdut Rhoma Irama.

Selain salat berjamaah, juga dilantunkan dzikir dan doa bersama, solawat badar, dan solawat nabi bergema di SUGBK sebelum kampanye akbar berlangsung pukul 07:30 WIB.

Silih berganti dzikir, doa dan salawat dilantunkan, termasuk orasi yang disampaikan oleh sejumlah tokoh agama mulai dari Habib Syekh Bin Abdul Qodir Assegaf (dzikir), K.H Syuqron Makmun (tausiah) dan Habib Hanif (orasi). Hadir juga Ustadz Bakhtiar Nasir yang menyampaikan orasi dan doanya untuk pasangan Prabowo-Sandi.

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Suhendra Ratu Prawiranegara meyakini jumlah pendukung Prabowo-Sandi yang datang lebih dari satu juta orang.

Pemilihan Presiden 2019 diikuti oleh dua pasang calon, yakni pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, serta pasangan Nomor Urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Baca juga: Kampanye akbar Prabowo, zikir hingga selawat badar bergema di GBK
Baca juga: Kampanye SBY-Boediono di GBK Diawali Doa Bersama
Pewarta:
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019
Wapres: Momentum pemilu mencari pemimpin terbaik Sebelumnya

Wapres: Momentum pemilu mencari pemimpin terbaik

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah