pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Balques Manisang dan Tomy Ristanto moderator debat kelima

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan memberikan keterangan (ANTARA/Dyah Dwi)
Jakarta (ANTARA) - Presenter Balques Manisang dan Tomy Ristanto disepakati menjadi moderator debat capres-cawapres kelima yang akan digelar pada 13 April 2019 dengan tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, dan investasi serta perdagangan dan industri.

Dalam konferensi pers di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Selasa, Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan KPU, Bawaslu, Tim Kampanye Nasional (TKN) 01 dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02 menyepakati debat kelima tetap digelar pada 13 April 2018, meski TKN 01 sempat mengusulkan dimajukan.

Untuk format dan mekanisme debat yang akan disiarkan langsung oleh TvOne, ANTV, Beritasatu TV dan NET TV itu masih sama dengan debat sebelumnya.

"Format dan mekanisme debat kelima mengacu format dan mekanisme debat keempat, hanya nanti akan ada penambahan di luar format dan mekanisme," ujar Wahyu Setiawan.

Kegiatan yang ditambahkan dalam debat terakhir itu adalah doa bersama yang akan dipimpin tokoh-tokoh agama. Doa akan dipimpin tokoh agama Islam, kata Wahyu, tetapi akan melibatkan semua tokoh agama, termasuk tokoh dari kepercayaan yang ada.

Selain itu, pada akhir debat, para ketua parpol pengusung dan pendukung capres-cawapres akan naik ke atas panggung untuk menunjukkan komitmen bersama menciptakan pemilu 2019 yang damai, jujur dan demokratis.

Terkait dengan tamu undangan, telah diputuskan keseluruhan tamu undangan berjumlah 500 orang yang terbagi TKN 01 sebanyak 150 orang, BPN 02 juga 150 orang dan undangan KPU 200 orang.

Komite damai yang terdiri atas KPU, Bawaslu, TKN 01 dan BPN 02 pun akan melakukan seleksi dalam distribusi undangan tamu yang diundang tidak akan berbuat sesuatu yang mengganggu jalannya debat.

"Apabila masih ada tamu undangan yang bersikap, berlaku, berbicara tidak tertib dan mengganggu jalannya debat kelima maka komite damai akan bersikap tegas memberikan peringatan sampai tahap terakhir mengeluarkannya dari arena debat," kata Wahyu Setiawan.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019
AHY gelorakan semangat kader PD di Pekalongan Sebelumnya

AHY gelorakan semangat kader PD di Pekalongan

Pakar: Amicus curiae memperkuat keyakinan hakim putuskan PHPU Selanjutnya

Pakar: Amicus curiae memperkuat keyakinan hakim putuskan PHPU