pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPU sebut perantau bisa nyoblos bila penuhi putusan MK

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Komisioner KPU, Viryan Azis saat memberikan keterangan pers. (Antara Foto: Syaiful Hakim)
Ya boleh, kan kemarin syaratnya pindah memilih sampai dengan H-30 untuk yang pindah domisili. Kurang dari H-30 sudah tidak bisa
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan, para perantau yang memiliki KTP elektronik bisa mencoblos di tempat perantauannya bila mengurus surat pindah memilih sesuai UU Pemilu Nomor 7/2017 pasal 210 Ayat 1.

"Ya boleh, kan kemarin syaratnya pindah memilih sampai dengan H-30 untuk yang pindah domisili. Kurang dari H-30 sudah tidak bisa‎," kata Komisioner KPU, Viryan Aziz di Kantor KPU, Jakarta, Senin.

Ia menyebutkan, batas maksimal pemilih berpindah TPS adalah 30 hari sebelum pemilihan berlangsung.

MK memutuskan batas waktu pindah pemilih sampai dengan H-7 atau 10 April. Namun itu hanya diperuntukkan bagi warga yang sakit di rumah sakit, tertimpa bencana alam, tahanan di lapas atau rutan dan menjalankan tugas ketika hari pemungutan suara.

"Sesuai dengan putusan MK, paling lambat H-7 pencoblosan pemilu, atau sampai dengan 10 April. Kecuali kalau ada orang sakit, korban bencana alam, tahanan di lapas atau rutan, menjalankan tugas pada saat pemungutan suara," jelas Viryan.

Mengenai salah satu ketua RT di Jakarta yang melarang para perantau untuk pindah pemilih, Viryan menjelaskan, karena si perantau tersebut sudah lewat dari H-30 yang ditetapkan.

Atau, lanjut dia, perantau itu bukan pemilih yang‎ memiliki kriteria, sedang sakit di rumah sakit, tertimpa bencana alam, tahanan di lapas atau rutan dan menjalankan tugas ketika hari pemungutan suara.

"Ya, karena sudah melewati dari H-30. Yang diperpanjang sampai dengan 10 April sesuai dengan putusan MK untuk keadaan tertentu," ucapnya.

Oleh sebab itu, tambah Viryan, apabila ada masyarakat yang ingin melakukan pindah memilih, maka sudah tidak bisa. Perantau bisa memilih apabila memenuhi syarat warga yang sakit di rumah sakit, tertimpa bencana alam, tahanan di lapas atau rutan dan menjalankan tugas ketika hari pemungutan suara.

"Tidak bisa, kecuali orang yang sedang menjalankan tugas, dan yang sesuai KPU," tuturnya.

Sebelumnya, MK mengabulkan uji materi sebagian terkait sejumlah pasal dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

MK membolehkan masyarakat kembali mengurus pindah memilih hingga H-7 sebelum hari pencoblosan serta membolehkan penggunaan surat keterangan (suket) jika belum memiliki KTP elektronik.

Baca juga: KPU Kota Malang buka pendataan pindah memilih tahap kedua
Baca juga: KPU catat 1.179 pemilih keluar dari Padang

 
Pewarta:
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019
Adhyaksa minta KPU hapus 17,5 juta data invalid Sebelumnya

Adhyaksa minta KPU hapus 17,5 juta data invalid

KPU dukung revisi UU Pemilu Selanjutnya

KPU dukung revisi UU Pemilu