pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Bawaslu Garut telusuri dugaan anggota polisi berpolitik praktis

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Anggota Bawaslu Kabupaten Garut Asep Nurjaman. (Foto: Feri Purnama)
Garut (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Garut, Jawa Barat, akan menelusuri dugaan adanya pimpinan dan anggota Kepolisian Resor Garut yang berpolitik praktis mendukung Pasangan Calon Pesiden/Wakil Presiden RI Joko Widodo-Maruf Amin pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

"Terkait dengan informasi itu menjadi referensi kami untuk melakukan penelusuran," kata anggota Bawaslu Kabupaten Garut Asep Nurjaman kepada wartawan di Garut, Senin.

Ia mengatakan bahwa pihaknya menerima informasi adanya tuduhan terhadap institusi Polri di Garut yang cenderung berpihak pada Pasangan Calon Nomor Urut 01.

Bawaslu Garut, kata dia, akan bekerja secara profesional sesuai dengan aturan yang berlaku untuk mengungkap tuntas kebenaran tuduhan terhadap institusi Polri tersebut.

"Kami akan profesional menjalankan tugas sesuai dengan amanat Undang-undang," katanya.

Sebelumnya, mantan Kepala Polsek Pasirwangi Resor Garut AKP Sulman Aziz menyampaikan kepada media massa di Jakarta, Minggu (31/4) tentang adanya arahan dari Kapolres Garut untuk mendukung Pasangan Calon Nomor Urut 01 meskipun akhirnya pernyataan itu dicabut kembali di Polda Jabar, Senin (1/4).

Ketua Umum Relawan Brigade Rumah Joeang Prabowo-Sandi Kabupaten Garut Yusuf berharap institusi Polri khususnya di Garut tetap bersikap netral dalam pesta demokrasi Pemilihan Umum Presiden 2019.

Seluruh jajaran Polri dari pusat hingga daerah, kata dia, sudah seharusnya bekerja profesional sesuai aturan undang-undang dan instruksi langsung dari Kepala Polri untuk tetap netral.

"Kami harap polisi tetap profesional sesuai dengan undang-undang, dan mematuhi instruksi Kapolri tentang netralitas," katanya.***2***
Pewarta:
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019
Jokowi tiba di Sorong disambut ribuan warga Sebelumnya

Jokowi tiba di Sorong disambut ribuan warga

KPU: Putusan PHPU adalah kewenangan hakim MK Selanjutnya

KPU: Putusan PHPU adalah kewenangan hakim MK