pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Pengamat nilai kedua capres melanggar soal limit waktu

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto berfoto bersama dengan moderator saat mengikuti debat capres putaran keempat di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019). Debat itu mengangkat tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Debat ini paling panas diantara debat-debat yang lain. Tapi keduanya banyak pelanggaran yaitu bicara tak berhenti kendati moderator sudah menghentikan
Jakarta (ANTARA) - Pengamat politik dari Indonesia Public Institute (IPI) Jerry Massie, menilai kedua capres baik Joko Widodo maupun Prabowo Subianto melanggar soal batas atau limit waktu dalam menyampaikan pernyataannya di debat capres keempat Pilpres 2019.

"Debat ini paling panas diantara debat-debat yang lain. Tapi keduanya banyak pelanggaran yaitu bicara tak berhenti kendati moderator sudah menghentikan," kata Jerry menanggapi debat capres keempat, di Jakarta, Sabtu malam.

Menurut dia, Prabowo beberapa kali melanggar tata tertib saat menjelaskan, khususnya mengenai soal pemerintah yang bersih bebas korupsi.

"Bagaimana menciptakan pemerintahan yang bersih, bila aturan debat dilanggar. Pemimpin bukan hanya "talk only or talk more but an action". Harus paham 'time management' (manajemen waktu)," ujar Jerry.

Mengenai pernyataan Prabowo bahwa Indonesia tidak terlalu dihormati karena utang banyak dan mata uang lemah.

"Tapi ukurannya apa, indikatornya apa? Kalau bicara harus tepat dan sistematis serta mampu menjabarkan biar publik paham bukannya gagal paham," katanya

Pernyataan Prabowo dalam debat keempat ini banyak lari dari teks dan topik. Dan kata berulang-ulang disampaikan. Bahasa Inggris pun tak diterjemahkan dengan baik.

Komisi Pemilihan Umum menyelenggarakan Debat Ke-4 Pilpres 2019.

Debat pada kali itu mengangkat tema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan serta hubungan internasional.

Baca juga: Round Up -- Ungkapan persahabatan akhiri debat capres keempat
Baca juga: Prabowo: Saya bersahabat dan hormati Jokowi
Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019
Round Up -- Ungkapan persahabatan akhiri debat capres keempat Sebelumnya

Round Up -- Ungkapan persahabatan akhiri debat capres keempat

TKN: Prabowo Subianto minta hentikan aksi damai di MK Selanjutnya

TKN: Prabowo Subianto minta hentikan aksi damai di MK