pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPU apresiasi putusan Mahkamah Konstitusi

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Ketua KPU Arief Budiman (kanan) berbincang dengan Ketua Bawaslu Abhan (kedua kanan), Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini (kedua kiri) dan Mantan Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay (kiri) usai mengikuti sidang putusan perkara pengujian Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum di Gedung MK, Jakarta, Kamis (28/3/2019). MK mengesahkan Surat Keterangan (suket) KTP menjadi syarat mencoblos pada Pemilu 2019 dan memperpanjang masa perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj. *** Local Caption
Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum RI Arief Budiman mengapresiasi putusan Mahkamah Konstitusi terkait berbagai hal mengenai penyelenggaraan pemilihan umum.

"Saya apresiasi apa yang diputuskan MK. Ada beberapa hal yang selama ini secara teknis bisa menjadi kendala dalam melaksanakan pemilu, kini terbuka untuk diperbolehkan," kata Arief Budiman di Jakarta, Kamis.

Pertama, kata Arief, MK memperbolehkan pemilih menggunakan hak pilihnya dengan menggunakan surat keterangan (suket) perekaman KTP elektronik.

Dia mengatakan sebetulnya KPU dalam peraturannya telah mengakomodasi penggunaan suket. Putusan MK itu, menurutnya, menegaskan aturan KPU.

"MK memutuskan boleh dengan suket sepanjang suket yang dikeluarkan Dukcapil, yang menunjukkan bahwa seseorang sudah direkam secara elektronik, jadi walaupun bentuknya suket namun ketunggalan datanya terjamin," jelas Arief.

MK juga memutuskan bahwa penghitungan suara pemilu di TPS dapat diperpanjang 12 jam setelah hari pencoblosan berakhir.

"Ini menegaskan bahwa penghitungan suara tidak ada problem," ujar Arief.

Kemudian MK dalam putusannya memberikan ruang bagi KPU untuk memproduksi logistik tambahan bagi daftar pemilih tambahan (DPTb). Dia mencontohkan jika jumlah DPTb di suatu wilayah mencapai batas tertentu, maka dimungkinkan bagi KPU membuat TPS tambahan.

MK juga memperpanjang batas waktu bagi pemilih yang hendak pindah TPS dari sebelumnya maksimum 30 hari sebelum pencoblosan menjadi H-7 pencoblosan.

Pemilih pindah TPS ini khusus bagi mereka yang dalam kondisi tertentu seperti sedang bertugas, sakit, hingga sedang menjalankan masa tahanan di lembaga pemasyarakatan.

Arief mengatakan putusan MK merupakan produk hukum yang langsung berlaku ketika diputuskan.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019
Brigif 4 Marinir/BS siap amankan Pemilu Serentak 2019 Sebelumnya

Brigif 4 Marinir/BS siap amankan Pemilu Serentak 2019

KPU Kulon Progo tunggu putusan MK untuk tetapkan caleg terpilih Selanjutnya

KPU Kulon Progo tunggu putusan MK untuk tetapkan caleg terpilih