pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Nelayan harap pemilu hasilkan pemimpin yang perbaiki kehidupan mereka

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Para nelayan di Kampung Nelayan Karangantu Kota Serang sedang memperbaiki alat tangkap ikan. Para nelayan berharap hasil Pemilu 17 April 2019 mendatang memberikan dampak pada perbaikan kehidupan mereka.
Serang (ANTARA) - Para nelayan di Karangantu Kota Serang berharap hasil Pemilu legislatif dan pemilihan presiden pada 17 April 2019 mendatang menghasilkan pemimpin dan wakil rakyat yang memberikan pengaruh pada perbaikan hidup dan nasib para nelayan di daerah tersebut.

"Mudah-mudahan pemilu nantinya menghasilkan pemimpin yang peduli pada kehidupan kami. Saya sudah 20 tahun menjadi nelayan, begini-begini saja, selalu berhadapan dengan kesulitan hidup," kata Musa (40) salah seorang nelayan Karangantu Kota Serang, di Serang, Senin.

Menurutnya, selama 20 tahun menjadi nelayan di daerah tersebut, masih saja menemukan kesulitan-kesulitan dalam menjalani aktivitas dan profesi sebagai nelayan. Diantara beberapa kesulitan yang dihadapi seperti susahnya mendapatkan surat izin operasional kapal sehingga membuat nelayan tidak bisa menangkap ikan di luar daerah.

"Tentu semua juga berharap ada perbaikan hidup lebih baik. Mudah ke depan pemerintah lebih memperhatikan kami," kata dia.

Selain itu, kata dia, para nelayan juga masih dihadapkan pada kesulitan mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM). Kalaupun ada BBM harganya cukup tinggi, sehingga biaya operasional melaut tidak sesuai dengan hasil tangkapan.

"Saya berharap pemerintah memperhatikan para nelayan disini, diantaranya dengan tidak mempersulit surat izin kapal dan juga BBM murah," kata Musa.

Meskipun para nelayan di daerah tersebut tidak begitu antusias menyambut pemilu karena dinilai pemilu kurang berpengaruh pada kehidupan mereka, akan tetapi mereka tetap akan berpartisipasi dan berusaha untuk menyukseskan pemilu pada 17 April 2019 mendatang. Mereka mengaku siap mendatangi TPS untuk memilih calon anggota legislatif maupun memilih calon presiden sesuai dengan pilihannya masing-masing.

"Pilihan sudah ada, ya meskipun tidak ada sosialisasi tetapi kami mengerti lah untuk pelaksanaan pemilu ini," kata Iskandar salah seorang nelayan lainnya.

Ia mengatakan, pada nelayan di pelabuhan Karangantu Kota Serang sebagian sudah mengetahui sistem pemilu, tetapi sebagian dari mereka kurang antusias karena para nelayan menilai ada atau tidaknya pemilu tidak berpengaruh kehidupan mereka.

"Kalau saya yang penting harga kebutuhan pokok murah dan mudah untuk mendapatkannya," kata Ani salah seorang isteri nelayan di Karangantu.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019
Polda Aceh ajak masyarakat sukseskan Pemilu 2019 Sebelumnya

Polda Aceh ajak masyarakat sukseskan Pemilu 2019

Gibran berencana temui Jokowi di Istana Presiden Jakarta Rabu malam Selanjutnya

Gibran berencana temui Jokowi di Istana Presiden Jakarta Rabu malam