counter

KPU Jember terima logistik Pemilu 2019 capai 85 persen

Tingkat partisipasi Pemilu 2019 tertinggi setelah reformasi
Pekerja melipat surat suara Pemilu 2019 di Kabupaten Jember, Jawa Timur. (Zumrotun Solichah)
Kami berharap pihak KPU pusat segera mengirimkan sejumlah logistik yang belum datang dan sesuai tahapan, seluruh logistik harus sudah diterima KPU Jember sebelum didistribusikan ke kecamatan atau "H-17" pemungutan surat suara
Jember (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember menerima sejumlah logistik untuk kesiapan Pemilu 2019 mencapai 85 persen menjelang sebulan atau "H-30" pemungutan suara yang akan dilaksanakan serentak pada 17 April 2019.

"Beberapa logistik yang sudah kami terima yakni kotak suara sebanyak 38.616 unit, kemudian lima jenis surat suara yang masing-masing sebanyak 1.900.745 surat suara, tinta sebanyak 15.323 botol, bilik suara sebanyak 20.024 unit, dan 7.666 alat tulis komputer (ATK)," kata Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi di Jember, Selasa.

Menurutnya beberapa logistik yang belum diterima KPU Jember yakni daftar calon tetap (DCT), daftar pasangan calon (DPC), formulir C6, dan alat bantu pemilih disabilitas netra atau biasa disebut template, sehingga pihaknya masih menunggu distribusi logistik tersebut.

"Template itu akan disediakan di setiap TPS, sehingga bisa memudahkan pemilih disabilitas netra dalam menentukan pilihannya dan tidak akan kesulitan saat mencoblos nanti," tuturnya.

Jika pemilih disabilitas netra memerlukan pendamping, lanjut dia, maka KPU juga menyiapkan formulir C3 yang harus diisi pendamping pemilih karena formulir tersebut merupakan pernyataan bahwa pendamping pemilih difabel akan merahasiakan pilihan pemilih saat mencoblos di bilik suara.

Hanafi mengatakan proses pelipatan surat suara masih terus berjalan dengan melibatkan ratusan orang, namun surat suara yang belum terlipat yakni DPD dan DPRD Kabupaten Jember, sedangkan surat suara lainnya sudah terlipat.

"Kami melibatkan 620 petugas lipat dari kalangan masyarakat umum, namun dengan banyaknya kertas suara yang akan dilipat, maka para pekerja tersebut dibagi menjadi 20 kelompok dengan setiap kelompoknya terdiri dari 30 orang," katanya.

Dalam pelipatan surat suara tersebut, katanya, juga ada pengamanan dari aparat kepolisian dan Bawaslu karena petugas pelipat surat suara diperiksa dengan ketat dan tidak diperbolehkan membawa benda-benda tertentu, bahkan sejumlah CCTV dipasang di setiap sudut tempat pelipatan surat suara.

"Kami berharap pihak KPU pusat segera mengirimkan sejumlah logistik yang belum datang dan sesuai tahapan, seluruh logistik harus sudah diterima KPU Jember sebelum didistribusikan ke kecamatan atau "H-17" pemungutan surat suara," ucap mantan jurnalis televisi itu.

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 di Kabupaten Jember sebanyak 1.864.393 pemilih yang terdiri 920.317 pemilih laki-laki dan 944.076 pemilih perempuan yang tersebar di 7.666 TPS berada di 248 desa dan kelurahan di 31 kecamatan di Kabupaten Jember.

Menembus hutan belantara dengan kuda demi Pemilu 2019

Pewarta:
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019
Gubernur Herman Deru minta Brimob Polda Sumsel amankan Pemilu 2019 Sebelumnya

Gubernur Herman Deru minta Brimob Polda Sumsel amankan Pemilu 2019

Gubernur menerima dokumen caleg terpilih DPRD Sulsel Selanjutnya

Gubernur menerima dokumen caleg terpilih DPRD Sulsel