pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Khofifah minta Muslimat ikut hentikan ujaran kebohongan

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Gubernur Jatim sekaligus Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama Khofifah Indar Parawansa dalam acara peringatan Hari Lahir Ke-73 Muslimat NU di Stadion Canda Bhirawa Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Senin (18/3). Antara Jatim/ Asmaul Chusna
Bantu hentikan ujaran kebohongan, hoaks, jangan biarkan orang sebarkan fitnah, melakukan zalim, jangan biarkan gibah karena akan memecah belah umat,
Kediri (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur sekaligus Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama Khofifah Indar Parawansa meminta agar Muslimat NU ikut membantu menghentikan berbagai macam praktik ujaran kebencian dan kebohongan sebab dampaknya buruk bagi persatuan umat.

"Bantu hentikan ujaran kebohongan, hoaks, jangan biarkan orang sebarkan fitnah, melakukan zalim, jangan biarkan gibah karena akan memecah belah umat," katanya pada peringatan Hari Lahir Ke-73 Muslimat NU di Stadion Canda Bhirawa Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Senin.

Ia prihatin dengan berbagai maraknya informasi yang tidak benar itu sebab menyengsarakan umat. 

Untuk itu, ia meminta warga juga membantu agar pemilu bisa berlangsung tertib dan lancar.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang Muslimat NU Kabupaten Kediri Mudawamah mengatakan peran Muslimat NU juga sangat penting untuk ikut menciptakan iklim pemilu yang kondusif.

"Jaga iklim yang kondusif agar pemilu nanti tidak jadi lahan saling tebar hoaks, fitnah, sebar berita bohong, gibah dan sejenisnya. Akan tetapi, justru pemilu jadi bagian daripada pesta demokrasi bagi rakyat," kata dia.

Ia juga meminta seluruh Muslimat NU menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019 dengan memilih pemimpin yang terbaik. 

Dalam hadis juga sudah dijelaskan tentang kriteria pemimpin yang baik menurut Rasulullah SAW, yakni pemimpin yang mencintai rakyatnya dan rakyat juga mencintai pemimpinnya.

"Sebagai rakyat harus mendoakan pemimpin dan pemimpin juga mendoakan kita semua. Itu kriteria pemimpin yang soleh, yang dicontohkan Rasulullah. Oleh karena itu kami mengajak agar menggunakan hak pilih, pilihlah mereka yang memiliki kriteria seperti yang di hadist, mudah-mudahan Allah ridho," kata dia.

Peringatan hari lahir itu juga bersamaan dengan memecahkan rekor MURI makan ikan lele goreng bersama. Seluruh peserta diberi suguhan lele goreng yang dimakan bersama-sama.

Dalam kegiatan itu, selain dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, juga Bupati Kediri Haryanti Sutrisno, Wakil Bupati Kediri Masykuri serta berbagai tamu undangan lainnya. 

Puluhan ribu anggota Muslimat NU dari berbagai daerah di Kabupaten Kediri dan sekitarnya ikut serta hadir di acara itu.***2***
Pewarta:
Editor: Adha Nadjemudin
Copyright © ANTARA 2019
Ma'ruf bangun bangsa dari kearifan lokal, Sandi dari ekonomi kreatif Sebelumnya

Ma'ruf bangun bangsa dari kearifan lokal, Sandi dari ekonomi kreatif

Pengamat: Prabowo berupaya rangkul parpol lain sesuai janji kampanye Selanjutnya

Pengamat: Prabowo berupaya rangkul parpol lain sesuai janji kampanye