pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Pengamat: Debat ketiga berlangsung datar

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin (kiri) berjabat tangan dengan Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno (kanan) saat mengikuti Debat Capres Putaran Ketiga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019). Debat Capres Putaran Ketiga yang menampilkan hanya kedua Cawapres tersebut bertemakan Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan serta Sosial dan Kebudayaan. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/pras.
Jakarta (ANTARA) - Pengamat politik Adi Prayitno mengatakan debat putaran ketiga yang menghadirkan calon wakil presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno yang membahas tema "Pendidikan, Ketenagakerjaan, Kesheatan, Sosial dan Kebudayaan" berlangsung datar.

"Debatnya berlangsung datar saja, seperitnya ada kendala psikologis antara Sandi dan Ma'ruf," kata pengamat dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu saat dihubungi Antara di Jakarta pada Minggu.

Dia mengatakan Ma'ruf sangat menjaga tutur katanya karena dia tidak ingin terlihat agresif, hal serupa juga terjadi pada Sandi yang cukup hati-hati memilih bahasa.

"Sandi hati-hati memilih bahasa agar tak terkesan menyerang ulama, makanya debat berlangsung datar sekali," kata dia.

Artikulasi Ma'ruf dinilai lebih datar, sedangkan Sandi lebih santai dan banyak menyampaikan temuan di lapangan.

Dia juga menilai Ma'ruf dapat mengimbangi Sandi dengan menyampaikan capaian kerja pemerintahan Joko Widodo yang dilengkapi dengan data.

Ma'ruf Amin juga dinilainya konsisten dengan tampilan islami, tak lupa dengan kutipan-kutipan  ayat-ayat Al-Quran dan hadist.

Adi mengatakan secara umum substansi yang disampaikan kedua calon selama debat sama seperti narasi yang mereka dengungkan selam ini.

"Sandi tetap dengan narasi oposannya menyerang sisi kekurangan Jokowi seperti isu tenaga kerja asing, BPJS, pendidikan dan lainnya," kata dia.

Pada penutupan, Sandi mencioba menawarkan satu kartu yaitu kartu KTP menjadi kartu segala bisa yang dapat diakses untuk segala program, sementara Ma'ruf datang menawarkan tiga kartu baru yaitu kartu KIP Kuliah, pra-kerja, dan sembako murah.
 
Pemilihan Presiden 2019 diikuti dua pasangan calon presiden dan wakil presiden, yakni pasangan nomor urut 01 Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin, serta pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Baca juga: Sandiaga disebut hanya tampilkan gagasan sendiri
Baca juga: AIPI nilai pembentukan badan riset nasional kurang efektif

 Baca juga: Adu yel-yel pendukung kedua pasangan ramaikan lokasi Debat Cawapres
Pewarta:
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019
TKN sebut ide Badan Riset Nasional Ma'ruf Amin jitu Sebelumnya

TKN sebut ide Badan Riset Nasional Ma'ruf Amin jitu

Airlangga prediksi Partai Golkar amankan 102 kursi DPR RI Selanjutnya

Airlangga prediksi Partai Golkar amankan 102 kursi DPR RI