TNI siapkan ribuan personil pengamanan pemilu 2019 di Kaltara

Bawaslu dan peserta pemilu deklarasi pemilu beretika
Arsip Komandan Korem (Danrem) 091/ASN, Brigjen TNI Widi Prasetijono saat memeriksa fisik peserta (istimewa)
Nunukan (ANTARA) - Jajaran TNI AD khususnya wilayah kerja Korem 091 Aji Surya Natakusuma menyiapkan ribuan personil untuk mendukung aparat kepolisian menjaga keamanan pelaksanaan pemilu 2019 di Provinsi Kalimantan Utara.

Komandan Korem 091/ASN, Brigjen TNI Widi Prasetijono di Nunukan, Jumat menjelaskan, ribuan personil TNI AD tersebut saat ini telah disiapsiagakan untuk mem-back up aparat kepolisian yang akan disebar pada kabupaten kota bahkan kecamatan.

Sekaitan dengan semakin dekatnya pelaksanaan pemilu presiden-wakil presiden dan legislatif pada 17 April 2019, Widi mengatakan, keamanan dan ketertiban telah menjadi tanggungjawab bersama sehingga TNI akan mengerahkan personil dalam waktu dekat ini.

"Untuk pengamanan pemilu kita dari Korem 091 ASN sudah disiapkan 3.490 personil," sebut Widi didampingi Dandim 0911 Nunukan, Letkol CZi Abdillah Arif saat berkunjung di Makodim 0911 Nunukan.

Ia menegaskan, jajaran khususnya TNI AD di wilayah Korem 091 akan menggelar apel siaga sebelum Hari H Pemilu 2019 bersama dengan aparat kepolisian di Provinsi Kaltara.

Mengenai masuknya wilayah Provinsi Kaltara sebagai zona merah rawan kamtibmas pada pemilu 2019, Danrem 091 ASN menyatakan, tidak ada pengamanan khusus atau penambahan personil selain dari jumlah yang disiapkan tersebut.

"TIdak ada penambahan personil selain yang sudah disiapkan dari ribuan personil itu. Tidak ada juga sistem pengamanan khusus yang akan diterapkan pada pemilu 2019 ini," ujar dia.

Namun jika benar ada potensi instabilitas maka tentunya TNI telah menyediakan pasukan cadangan untuk mem-back up personil pengamanan yang telah disediakan oleh pimpinan.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019
TKN: Kasus Rommy tunjukkan hukum tajam "keatas" Sebelumnya

TKN: Kasus Rommy tunjukkan hukum tajam "keatas"

Mendagri minta masyarakat proaktif daftar perekaman KTP-el Selanjutnya

Mendagri minta masyarakat proaktif daftar perekaman KTP-el