KPU RI didemo mahasiswa Jayawijaya

Bawaslu dan peserta pemilu deklarasi pemilu beretika
Suasana mahasiswa yang kuliah di Jakarta saat demo di depan Kantor KPU RI (Dokumen Mahasiswa Pendemo)
Jayapura (ANTARA) - Sejumlah mahasiswa dari Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua yang menuntut ilmu di Jakarta, Kamis, menggelar aksi demo di depan Kantor KPU Pusat guna meminta segera melantik komisioner KPU Jayawijaya yang sudah ditetapkan namun belum dilantik.

Musa Mabel, salah satu mahasiswa yang mengikuti aksi demo Mahasiswa Jayawijaya Kota Studi Jakarta ketika dikonfirmasi dari Jayapura via telepon, mengemukakan pihaknya menggelar aksi itu di halaman Kantor KPU Pusat.

"Kami meminta kepada KPU RI untuk segera melantik komisioner KPU Jayawijaya yang telah ditetapkan," katanya.

Koordinator aksi demo Yosfat Elopere menjelaskan pemilihan legislatif dan Presiden sudah dekat, mahasiswa tidak mau KPU di wilayahnya diintervensi oleh kepentingan politik.

"Kami meminta kepada KPU RI segera melantik komisioner KPU yang sudah di tetapkan sesuai PKPU. KPU RI juga diharapkan bijak dan arif dalam menentukan lima besar komisioner sesuai dengan hasil TKD online yang sesuai urutan hasil nilai terbesar," katanya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Hj.Abdurahman Kosi dalam aksi tersebut menyampaikan bahawa KPU RI harus netral dan segera melantik komisioner KPU Jayawijaya yang ada ,sesuai PKPU yang berlalu dan berdasarkan hasil tes.

"Tidak boleh ada intervensi politik, apalagi dalam 10 besar yang ada itu hanya lima orang di antaranya yang menjadi tim sukses pemilihan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih saat ini," katanya.

Menurut dia, dirinya selaku tokoh masyarakat dan mahasiswa yang hadir sepakat menolak dengan tegas orang-orang titipan atau orang-orang tim sukses yang masuk dalam 10 besar.

"Kami dukung KPU RI tetapkan komisioner KPU sesuai dengan nilai hasil tes dan bukan orang partai, karena tinggal beberapa minggu lagi pemilu dilakukan," kata dia.
 
Pewarta:
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019
Ma'ruf Amin kenang upayanya merintis haul Sultan Ageng Tirtayasa Sebelumnya

Ma'ruf Amin kenang upayanya merintis haul Sultan Ageng Tirtayasa

Mendagri minta masyarakat proaktif daftar perekaman KTP-el Selanjutnya

Mendagri minta masyarakat proaktif daftar perekaman KTP-el