pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Kembali ada tiga WNA masuk DPT

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Ilustrasi KTP elektronik salah satu WNA yang namanya masuk dalam DPT. (Istimewa)
... menemukan ada tiga orang yang masih berstatus WNA masuk dalam DPT...
Sleman (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menemukan kembali tiga nama warga negara asing (WNA) yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2109.

"Saat kami melakukan penelusuran pada 32 nama yang terindikasi sebagai WNA di DPT Pemilu 2019, kami menemukan ada tiga orang yang masih berstatus WNA masuk dalam DPT," kata Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Sleman, Abdul Karim Mereka, di Sleman, Selasa.

Menurut dia, selain menemukan tiga WNA yang tercantum dalam DPT, pihaknya juga menemukan 165 nama yang diduga terindikasi sebagai WNA berdasarkan dari hasil penelusuran dengan cara mencermati nama-nama yang ada di DPT.

"Kami minta KPU Kabupaten Sleman agar kembali mengecek nama-nama tersebut dan memastikan apakah mereka WNA atau bukan," katanya.

Ia mengatakan, ketiga WNA yang ditemukan ada dalam DPT diketahui bernama Abigail Florence Lang kelahiran Hobart (Australia), Swan kelahiran Malasch, dan Kevin James Major kelahiran Rhode Island (Amerika Serikat).

"Jadi total di Sleman ada empat WNA yang masuk DPT setelah sebelumnya ada Yokosuka Tomomi," katanya.

Karim mengatakan, Lang, Swan, dan Major terdaftar di DPT Kecamatan Ngaglik. Sedangkan Tomomi masuk di DPT Berbah. "Kami meminta KPU Sleman untuk ditindak lanjuti dan dicoret," katanya.

Ia mengatakan, dari 32 nama itu 16 orang telah berstatus sebagai WNI. Sedangkan untuk 12 nama lainnya masih belum bisa dikonfirmasi.

"Ketika didatangi yang bersangkutan tidak ditemukan di sistem informasi kependudukan. Ada juga yang rumahnya kosong atau sudah pindah alamat," katanya.

Ketua KPU Sleman, Trapsi Haryadi, masih belum menerima rekomendasi dari Bawaslu Sleman. "Dari rekomendasi dan temuan Bawaslu tersebut, kami akan segera menindaklanjuti. Nanti akan kami laporkan ke KPU RI melalui KPU DIY," katanya.
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019
Lukisan cangkang telur Pilpres 2019 Sebelumnya

Lukisan cangkang telur Pilpres 2019

TKN: Prabowo Subianto minta hentikan aksi damai di MK Selanjutnya

TKN: Prabowo Subianto minta hentikan aksi damai di MK