pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Menag jamin pendidikan agama tidak akan dihapus

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di halaman Istana Negara, Jakarta, pada Selasa (5/3/2019). (ANTARA/Bayu Prasetyo)
Jakarta (ANTARA) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjamin pendidikan agama tidak akan dihapus, seperti hoaks yang beredar apabila Presiden Joko Widodo terpilih kembali di Pilpres 2019.

"Selaku Menteri Agama, saya menjamin betul bahwa hal itu tidak akan terjadi, karena Indonesia adalah negara yang sangat agamis, yang tidak melepaskan diri dari nilai-nilai agama, apalagi nilai-nilai Islam karena mayoritas bangsa ini adalah Muslim," kata Lukman usai rapat membahas Universitas Islam Internasional Indonesia di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Rabu.

Lukman pun menyangkal kabar bahwa sekolah pesantren akan dihapuskan dan diganti menjadi sekolah umum, apalagi berita bohong terkait penghapuskan Kementerian Agama.

"Sama sekali tidak benar anggapan bahwa kalau Presiden Jokowi kembali melanjutkan masa jabatan untuk lima tahun ke depan, akan dihilangkan pelajaran agama, akan dihilangkan pesantren menjadi sekolah umum, apalagi akan dihapuskan Kementerian Agama. Itu sama sekali tidak benar," jelasnya.

Dia menjelaskan Indonesia dengan ideologi dasar Pancasila menjunjung tinggi nilai-nilai keagaman, yang tercermin pada sila pertama yakni Ketuhanan Yang Maha Esa.

Isu-isu terkait penghapusan pelajaran agama dan ketiadaan kumandan azan tidak mungkin dilakukan oleh Pemerintah Indonesia, siapapun presidennya.

"Saya yakin siapapun presidennya tidak akan mungkin menghilangkan pelajaran agama di Indonesia. Indonesia berdasarkan Pancasila, Pancasila itu Ketuhanan Yang Maha Esa dan empat sila yang lain adalah nilai-nilai agama. Jadi sama sekali tidak mungkin nilai-nilai agama itu lepas dalam kehidupan aktivitas keseharian masyarakat Indonesia, juga aktivitas pemerintahan, berbangsa dan bernegara," katanya.

Sebelumnya, beredar sebuah video di Makassar yang di dalamnya ada seorang perempuan mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo akan menghapus pelajaran agama Islam.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy juga telah menyatakan bahwa kabar tersebut hoaks.  
Baca juga: Moeldoko: hoaks penghapusan pelajaran agama menyesatkan
 
Pewarta:
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019
Riset: Jokowi-Ma'ruf paling banyak diberitakan di media Sebelumnya

Riset: Jokowi-Ma'ruf paling banyak diberitakan di media

Khofifah optimistis putusan MK tak ubah hasil Pilpres 2024 Selanjutnya

Khofifah optimistis putusan MK tak ubah hasil Pilpres 2024