pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Ma'ruf lakukan pendalaman materi debat ketiga

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Arsip Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin tiba untuk menonton debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat kedua yang diikuti hanya diikuti capres yakni capres nomor urut 01 Joko Widodo dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto, yang mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/pras.
Nggak ada strategi khusus, ini kan debat bukan kita mau berantem, rileks saja."
Jakarta (ANTARA) - Cawapres RI Ma'ruf Amin mengaku mempersiapkan diri untuk menjalani debat ketiga Pilpres 2019 dengan melakukan pendalaman materi seputar tema debat. 

"Persiapannya tentu mendalami materi-materi yang akan diperdebatkan, terutama lima masalah yaitu pendidikan, kesehatan, tenaga kerja, sosial dan budaya," ujar Ma'ruf seusai bersilaturahmi dengan ulama kharismatik Banten, Abuya Muhtadi di Cidahu, Pandeglang, Banten, Minggu. 

Menurut Ma'ruf, untuk menguasai lima isu yang akan diperdebatkan tersebut dirinya harus mendengar berbagai masukan dari berbagai pihak, agar bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat secara jelas. 

"Lima hal ini yang tentu saya harus mendengar memperoleh masukan dan informasi," jelas dia. 

Ma'ruf mengatakan, Jokowi dan dirinya memiliki program-program unggulan di masing-masing isu yang akan diperdebatkan tersebut. Namun, dia belum mau mengungkapkannya sekarang. 

"Kalau debat itu nanti tergantung masalahnya, di pendidikan ada, lalu kesehatannya tentu ada, tenaga kerjanya ada, tapi jangan disebut sekarang," katanya. 

Lebih jauh Ma'ruf menjelaskan secara umum Jokowi juga turut memberikan masukan kepada dirinya untuk berdebat dengan Sandiaga. Sementara, secara teknis Ma'ruf mengaku akan dibantu oleh staf-staf ahli Jokowi. 

Meskipun demikian Ma'ruf menyatakan tidak memiliki strategi khusus untuk menjalani debat ketiga nanti. 

"Nggak ada strategi khusus, ini kan debat bukan kita mau berantem, rileks saja," ujar Ma'ruf.

Debat ketiga Pilpres akan diselenggarakan pada 17 Maret 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan sosial-kebudayaan.

Debat tersebut akan mempertemukan cawapres nomor urut 01 Ma’ruf Amin dan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ketiga ini akan disiarkan oleh Trans TV, Trans 7 dan CNN Indonesia TV.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019
Jokowi: Jangan pernah coba-coba usik Pancasila Sebelumnya

Jokowi: Jangan pernah coba-coba usik Pancasila

KPU: Putusan PHPU adalah kewenangan hakim MK Selanjutnya

KPU: Putusan PHPU adalah kewenangan hakim MK