pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Hasto: Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf di Jabar terus meningkat

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, di Bandung, Sabtu (23/2/2019). (Antaranews/Riza Harahap)
Bandung (ANTARA News) - Elektabilitas pasangan capres-cawapres 01, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin di Jawa Barat terus meningkat dan saat ini sudah mulai mengungguli pasangan capres-cawapres 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto, mengatakan hal itu kepada pers, di Kota Bandung, Sabtu, dalam rangkaian Safari kegiatan Safari Politik Kebangsaan VIII. 

Menurut Hasto, berdasarkan hasil survei internal terkini, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin, sudah unggul 4,1 persen, dari pasangan Prabowo-Sandiaga, di Jawa Barat.

Hasto meyakini, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin tidak stagnan sampai di situ, tapi masih aka terus bergerak hingga hari H pemilihan, pada 17 April mendatang. "Dari hasil kerja partai pengusung dan Relawan, menunjukkan trend yang positif kepada Jokowi-Ma'ruf, sehingga saya meyakini elektabilitasnya masih akan terus naik," katanya.

Hasto juga menyakini, banyaknya dukungan dari elemen masyarakat maupun para  tokoh di Tanah Pasundan ini, akan semakin menguatkan  kemenangan pasangan Jokowi-Kiai Ma'ruf. 

Hasto menyebut, para tokoh Jawa Barat, yang secara tegas menyatakan dukungannya kepada Jokowi-Ma'ruf Amin, antara lain, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, mantan Menteri Agum Gumelar, Mantan Gubernur Jawa Barat Solihin GP, dan para habib yang salah satunya Habib Alwi.

"Secara sosiologis di Jawa Barat, dukungan para tokoh itu menjadi referensi bagi masyarakat. Ketika mereka bersatu, maka ini menjadi sebuah gerak bersama bagi masyarakat pendukung Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf," ungkap Hasto.

Sebelumnya, Dewan Pengarah Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat bertemu dengan Hasto Kristiyanto, Jumat (22/2) malam, mengatakan, berdasarkan hasil pantauan di lapangan dan hasil survei, dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf Amin, trendnya positif dan terus meningkat.

Menurut Ridwan, kalau pada pemilu 2014, Jokowi-Jusuf Kalla, kalah 20 persen di Jawa Barat, tapi masih terpilih sebagai presiden dan wapres."Saat ini, dari hasil survei mengindikasikan sudah seimbang dan bahkan beberapa survei lainnya sudah lebih," katanya.

Ridwan juga menyebut, dari hasil Pemantauan lapangan, ada sekitar empat juta pemilih di Jawa Barat yang pada pemilu presiden 2014 tidak memilih Jokowi, tapi pada pemilu 2019 akan memilih Jokowi.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019
Prabowo bertekad menghabiskan sisa hidup hanya untuk rakyat Sebelumnya

Prabowo bertekad menghabiskan sisa hidup hanya untuk rakyat

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten Selanjutnya

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten