pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Ganjar siap penuhi panggilan pemeriksaan Bawaslu Jateng

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)
Saya mintanya sekarang, `kesuwen` kalau menunggu tanggal itu (18 Februari 2019, red.),"
Semarang (ANTARA News) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo siap memenuhi panggilan pemeriksaan dari Bawaslu Jateng terkait dengan dugaan pelanggaran kampanye saat deklarasi dukungan sejumlah kepala daerah terhadap Pasangan Calon Presiden Joko Widodo-Ma`ruf Amin di Kota Surakarta, Sabtu (26/1).

"Saya mintanya sekarang, `kesuwen` kalau menunggu tanggal itu (18 Februari 2019, red.)," kata Ganjar saat ditemui di Semarang, Rabu.

Kendati demikian, Ganjar mengaku belum menerima surat pemanggilan pemeriksaan Bawaslu Provinsi Jateng atas dugaan pelanggaran kampanye.

Politikus PDI Perjuangan itu justru mengaku mendapat telepon dari anggota Bawaslu yang meminta sumbangan berupa tanah.

"Saya malah dapat telepon dia minta tanah untuk kantornya. Saya tanyakan lagi, lho, katanya mau periksa saya, dia jawab tidak periksa Pak, hanya klarifikasi. Saya tegaskan lagi, `sing nggenah` (yang jelas), ini mau diperiksa atau diklarifikasi?" katanya.

Ganjar juga berharap pemeriksaan terhadap dirinya dilakukan dalam waktu dekat.

"Tidak apa-apa dilaporin, periksa saja. Justru saya nunggu-nunggu ini, kalau tanggal 18, ya, `kesuwen`, saya minta secepatnya," katanya.

Karena Ganjar adalah kader PDIP sudah pasti mendukung Jokowi-Amin dan para kepala daerah yang hadir saat deklarasi dukungan itu juga merupakan anggota partai koalisi yang tidak mungkin tidak mendukung Pasangan Calon Nomor Urut 01.

"Satu lagi, kami mendeklarasikannya pada hari libur dan tidak menggunakan fasilitas negara. Lalu, di mana letak kekeliruannya? Saya minta ke Bawaslu untuk tegas, jelas, dan tidak ada yang abu-abu," ujarnya.

Sebelumnya, Ganjar bersama 31 kepala daerah di Jateng, baik bupati/wakil bupati maupun wali kota/wakil wali kota, menggelar deklarasi mendukung pasangan Joko Widodo-Ma`ruf Amin.

Terkait dengan dugaan pelanggaran kampanye tersebut, satu per satu kepala daerah yang hadir pada deklarasi dukungan itu sudah dimintai keterangan oleh Bawaslu.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019
Ahok dan Muchdi Pr tidak masuk TKN Sebelumnya

Ahok dan Muchdi Pr tidak masuk TKN

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten Selanjutnya

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten