pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Sejumlah politisi PPP berziarah ke makam KH Idham Chalid

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berziarah ke makam pendiri partai, KH Idham Chalid di Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (5/1/2019). (Foto: Istimewa)
Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah politisi Partai Persatuan Pembangunan berziarah ke makam pendiri PPP KH Idham Chalid di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu.  

"Ziarah ke makam pendiri PPP ini merupakan bagian dari rangkaian Hari Lahir PPP ke-46," kata Wakil Ketua Umum DPP PPP Arwani Thomafi yang memimpin ziarah tersebut seperti dikutip dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu.

Sebelumnya, Ketua DPP PPP Irgan Chairul Mahfiz juga memimpin ziarah sejumlah politisi  PPP ke makam pendiri PPP Mohammad Syafaat Mintaredja dan Haji Rusli Halil serta mantan Ketua Umum DPP PPP H Buya Ismail Hasan Metareum di TPU Tanah Kusir Jakarta, Sabtu pagi.

Ziarah ke makam KH Idham Chalid didahului dengan membaca Surat Yasin dan tahlil yang pahalanya dikhususkan untuk pendiri PPP maupun tokoh PPP lainnya.

"Ziarah ke makam Pak Idham Chalid ini untuk mengenang jasa dan perjuangannya. Almarhum Pak Idham Chalid juga sudah diakui negara sebagai pahlawan nasional," kata Arwani.

Anggota Komisi I DPR RI ini menjelaskan, KH Idham Chalid adalah salah satu pendiri PPP pada 5 Januari 1973.  "Kita patut bersukur, PPP pada usia ke-46 tahun saat ini tetap memiliki semangat berjihad melalui jalur politik sesuai amanah dari para pendiri partai, terutama KH Idham Chalid,” kata Arwani

Arwani menyebutkan KH Idham adalah sosok politisi yang lengkap. Idham Chalid pernah menduduki jabatan strategis dalam pemerintahan Presiden Soekarno, yakni sebagai wakil perdana menteri.

Perjalanan karir Idham Chalid di politik dan pemerintahan, antara lain, ketua partai politik, Ketua DPR, Ketua MPR, berbagai jabatan menteri, hingga wakil perdana menteri. KH Idham juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum PBNU sejak tahun 1952 hingga 1984.

“Kiai Idham Chalid ini pernah menempati semua jabatan di politik. Di dunia politik sungguh sangat luar biasa. Dia juga pernah menjadi Ketua Umum PBNU selama enam periode,” kata Arwani.

Tampak hadir pada ziarah ke makam KH Idham Chalid, antara lain, Syaifullah Tamliha, Qoyyum Abdul Jabar, Bambang Hermanto, Andi Surya, Syarifudin, Dini Mentari dan Ketua Sekretariat DPP PPP Thobahul Aftoni. Selain itu juga sejumlah pengurus DPW dan DPC PPP se-Jawa Barat seperti Ketua DPC PPP Bogor Elly Halimah Yasin.

Arwani menyebutkan bahwa kegiatan ziarah ini juga dilakukan seluruh DPC PPP se-nusantara. Mereka berziarah dan berdoa di makam para tokoh PPP setempat. 
Baca juga: Makam KH Idham Chalid jadi tujuan wisata sejarah
Baca juga: Tokoh : Idham Chalid patut menjadi panutan
Baca juga: KH Idham Chalid pahlawan nasional yang peduli pendidikan
Pewarta:
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019
Ma'ruf sebut  Presiden Jokowi tidak sedang melamun Sebelumnya

Ma'ruf sebut Presiden Jokowi tidak sedang melamun

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten Selanjutnya

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten