pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPU undi penyelenggara siaran debat calon presiden-wakil presiden di televisi

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Logo KPU. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum RI mengundi siaran debat calon presiden-wakil presiden, di Jakarta, Rabu.  Ketua KPU, Arief Budiman, mengatakan, debat digelar lima kali dan seluruhnya digelar di Jakarta mulai 17 Januari 2019.

"Semuanya akan kita lakukan di Jakarta," kata dia, di Jakarta, Rabu. Publik sudah paham bahwa cuma ada dua pasang calon presiden-wakil presiden yang akan turut dalam Pemilu 2019. Mereka adalah Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin (nomor 01), dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (nomor 02).

Berdasarkan hasil pengundian dan penetapan, debat pertama, 17 Januari 2019, dengan tema hukum, HAM, korupsi dan terorisme akan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta. Peserta debat pertama adalah antara pasangan calon presiden-wakil presiden serta akan disiarkan TVRI, RRI, Kompas TV, dan RTV. 

Debat kedua, 17 Februari 2019, dengan tema energi, pangan, SDA, lingkungan hidup dan infrastruktur, dan akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta. Peserta debat kedua yaitu antarcalon presiden serta akan disiarkan RCTI, MNC TV, GTV, dan iNews TV. 

Debat ketiga diselenggarakan 17 Maret 2019 dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan kebudayaan, dan digelar di Hotel Sultan, Jakarta. Peserta debat ketiga adalah antarcalon wakil presiden serta disiarkan Trans TV, Trans 7, dan CNN Indonesia TV.

Debat keempat, 30 Maret 2019, dengan tema ideologi, pemerintahan, pertahanan, dan keamanan, dan Hubungan Internasional, namun belum ditentukan tempatnya. Peserta debat keempat adalah antarcalon presiden dan akan disiarkan Metro TV, SCTV, dan Indosiar. 

Debat kelima dengan tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan, investasi perdagangan dan industri, belum ditentukan waktu serta tempat penyelenggaraan. Peserta debat kelima adalah antar pasangan calon presiden-wakil presiden, dan akan disiarkan TVOne, ANTV, Berita Satu, dan Net TV.
 
Arief mengatakan acara debat akan berlangsung selama 120 menit, dengan rincian waktu efektif pelaksanaan debat selama 90 menit dan sisanya 30 menit adalah jeda iklan. 

"Masing-masing debat akan dilakukan dalam waktu 90 menit. Akan ada pemaparan visi-misi pasangan calon, pertanyaan dari moderator untuk mendalami visi-misi serta tanya jawab antar kandidat," jelasnya. 
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018
MUI serukan umat jaga ukhuwah pada tahun politik Sebelumnya

MUI serukan umat jaga ukhuwah pada tahun politik

KPU dukung revisi UU Pemilu Selanjutnya

KPU dukung revisi UU Pemilu