pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Ma'ruf Amin apresiasi perolehan 51 persen saham Freeport

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin. (Istimewa)
Jakarta (ANTARA News) - Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengapresiasi langkah pemerintahan Joko Widodo memastikan kepemilikan Indonesia atas saham Freeport Indonesia dari sekitar sembilan persen menjadi mayoritas 51 persen. 

"Kita harus memberi apresiasi tinggi karena kita sudah berhasil mengambil alih saham Freeport, dari sembilan persen jadi 51 persen," kata Kiai Ma'ruf di Rumah Situbondo, Jakarta, Sabtu. 

Dia mengatakan untuk memastikan kepemilikan mayoritas Freeport bukanlah sesuatu yang mudah, karena selama 50 tahun lebih, kepemilikan Indonesia atas tambang di wilayah Papua itu hanya sembilan persen.

"Perolehan 51 persen saham itu luar biasa. Beberapa presiden tak mampu ambil itu. Pak Jokowi luar biasa bisa mengambil porsi 51 persen," katanya.

Ma'ruf mengatakan persoalan Freeport selama ini kerap mengundang kegaduhan. Dia mengapresiasi kehebatan Presiden Jokowi mengambil alih saham 51 persen Freeport tanpa ada kegaduhan.

"Sangat cantik caranya bisa memperoleh 51 persen saham ini, dilakukan dengan diplomasi dan pendekatan sehingga tak gaduh," kata Kiai Ma'ruf.

Dia juga mencermati dan menghargai keberhasilan pemerintahan Jokowi mengembalikan Blok Mahakam dan Blok Rokan ke pangkuan ibu pertiwi. Baginya, semua itu merupakan keberhasilan luar biasa dalam membangun indonesia lebih baik.

Mantan Rais Aam PBNU itu juga meminta tidak ada pihak-pihak yang nyinyir atas prestasi itu. 

"Saya kira pengambilalihan saham Freeport ini justru harus diberi penghargaan. Jangan dinyinyiri oleh isu-isu yang sebenarnya tak perlu," ujarnya.

Lebih jauh Ma'ruf juga menyampaikan soal utang dalam berbisnis. Menurutnya dalam bisnis, utang adalah hal yang lumrah. Yang terpenting utang diambil untuk sesuatu yang bisa dikembangkan secara produktif, seperti misalnya pertambangan Freeport. 

"Dalam bisnis itu, ambil utang, bisnis berjalan, utang dibayar, lalu utang lagi untuk mengembangkan bisnis. Itu biasa. Tak masalah sepanjang bisa dipertanggungjawabkan, dan bisa dikembalikan lewat produksi," kata dia.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan capres, yaitu nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Baca juga: Jaringan Kyai Santri Nasional DKI deklarasi dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf
Baca juga: Sarbumusi NU Sukabumi berjuang untuk kemenangan Jokowi-Ma'ruf
Baca juga: Ma'ruf Amin silaturahmi dengan tokoh NU-ulama Bekasi
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018
Ma'ruf Amin silaturahmi dengan tokoh NU-ulama Bekasi Sebelumnya

Ma'ruf Amin silaturahmi dengan tokoh NU-ulama Bekasi

KPU dukung revisi UU Pemilu Selanjutnya

KPU dukung revisi UU Pemilu