counter

Ma'ruf Amin cerita kegemarannya pada musik

DKPP rehabilitasi ketua KPU - Bawaslu terkait Bupati Mandailing Natal
Cawapres KH Ma'ruf Amin berfoto bersama Relawan Milenial usai berdialog saat para Relawan Milenial berkunjung ke kediaman KH Ma'ruf Amin, di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Selasa (18/12/2018). (Foto: Istimewa)
Jakarta (ANTARA News) - Calon Wakil Presiden (Cawapres) KH Ma'ruf Amin bercerita soal kegemarannya pada kebudayaan, termasuk kegemarannya pada musik.

KH Ma'ruf Amin bercerita perihal kegemarannya tersebut saat menerima tamu Relawan Milenial Jokowi-Ma'ruf (Remaja) di kediamannya, di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Selasa.

Pada pertemuan yang berlangsung dalam suasana santai tersebut, para relawan banyak bertanya pada Kiai Ma'ruf soal pengalamannya maupun kegemarannya. Ada relawan yang bertanya soal alirannya musik apa yang menjadi kegemaran kiai Ma'ruf serta siapa penyanyi favoritnya. "Wah, Ini pertanyaannya susah," kata Kiai Ma'ruf sambil tertawa.

Pria yang akrab disapa Abah Ma'ruf itu mengaku, gemar dengan semua jenis musik, asalkan enak didengar di telinganya. "Syarat lainnya, lagunya jangan yang merangsang-merangsang," kata sang kiai.

Pria kelahiran Tangerang, pada 75 tahun lalu ini, mengaku suka musik Sunda, gending jawa, musik Arab, dan musik pop, asalkan irama dan liriknya enak didengar serta memiliki makna yang dalam. "Kalau iramanya saya suka irama apa saja. Bahkan lagu India juga saya suka," kata Abah Ma'ruf.

Lalu siapa penyanyi favoritnya? "Waduh ini susah lagi. Karena jenis musiknya hampir semua saya suka, jadi ya penyanyi-penyanyinya juga saya suka semua," jawab Kiai Ma'ruf.

"Yang paling difavoritkan Abah?" tanya seorang anggota Remaja. "Kalau penyanyi Arab itu Ummi Kulsum misalnya. Kalau Sunda itu....," Kiai Ma'ruf berhenti sebentar, kemudian melanjutkan lagi, "Namanya saya agak lupa ya. Pokoknya  lagunya enak-enak didengar," katanya. 
 
Kiai Ma'ruf menambahkan, kalau penyanyi pop banyak sekali. Ada Krisdayanti. "Banyak lah yang suaranya enak-enak," katanya.  Kalau penyanyi India, Kiai Ma'ruf menyebut namanya Shak Rukh Khan. "Kalau penyanyi dangdut, ada Rhoma Irama dan Elvi Sukaesih. Loh kok saya jadi menyebutkan semua nama penyanyi ya?" kata Kiai Ma'ruf lagi sambil tertawa.

Kiai Ma'ruf juga ditanyai soal makanan kesukaannya. Kiai Ma'ruf juga mengaku menyukai  makanan lokal Indonesia yang enak-enak. "Ya nasi goreng, semur daging, pindang baung, empek-empek, pindang ikan patin, dan lain-lain," katanya.

Namun,  Kiai Ma'ruf saat ini, sudah banyak pantangan makan, karena dokter mengingatkan dirinya untuk tidak asal memakan semua makanan.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan calon presiden, yaitu nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Baca juga: Ma'ruf Amin sambut gembira dukungan DPW PAN Kalsel
Baca juga: Direktur Relawan TKN mengucapkan terima kasih kepada media
Baca juga: Ulama Depok deklarasi dukung Ma'ruf Amin

Sambutan sholawat badar untuk Ma'ruf Amin

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018
Gerindra minta KPU buat terobosan soal kotak suara Sebelumnya

Gerindra minta KPU buat terobosan soal kotak suara

Bawaslu: dua orang dipenjara akibat politik uang di Jakarta Selanjutnya

Bawaslu: dua orang dipenjara akibat politik uang di Jakarta