pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Ulama diminta tingkatkan peran jaga situasi kondusif

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Ilustrasi pertemuan para ulama. (ANTARA FOTO/Ampelsa)
... minta peran ulama ditingkatkan lagi dalam menjaga situasi kondusif wilayah, orang bisa menyusupkan satu atau dua kalimat untuk memecah negara...
Semarang (ANTARA News) - Para ulama diminta meningkatkan peran aktifnya dalam menjaga situasi kondusif di daerah masing-masing, terutama menjelang pelaksanaan Pemilu 2019.

"Saya minta peran ulama ditingkatkan lagi dalam menjaga situasi kondusif wilayah, orang bisa menyusupkan satu atau dua kalimat untuk memecah negara," kata Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, di Semarang, Senin.

Dengan munculnya pemberitaan hoaks, dia bilang, "Maka kita sebagai warga negara memiliki kewajiban yang sama, yaitu bagaimana menjaga lingkungan kita dari ancaman tersebut."

Ia menjelaskan momentum-momentum besar di Indonesia tidak dapat dilepaskan dari peran ulama, apalagi sejak masa penjajahan, ulama gencar menggelorakan semangat rakyat untuk berjuang mewujudkan kemerdekaan bangsa.

Saat ini, kata dia, peran ulama dalam mengisi kemerdekaan adalah membangun karakter generasi muda yang berbudi pekerti sehingga bisa menghormati jasa para pahlawan, orang tua, guru, dan masyarakat yang ada di sekelilingnya.

"Mereka juga akan menjunjung keutuhan NKRI, sehingga tidak mudah dipecah-belah berita bohong atau hoaks," ujarnya.

Pejabat yang akrab disapa Gus Yasin ini?menyebutkan bahwa Indonesia tidak dapat dilepaskan dari peran ulama untuk membentuk karakter, karena madrasah tertua adalah madrasah pondok pesantren.

Mantan anggota DPRD Jawa Tengah itu juga tidak ingin perbedaan pilihan politik, berujung pada perpecahan warga.

"Saya berharap, warga Jawa Tengah dapat menunjukkan kedewasaan berpolitik dan senantiasa menjunjung kerukunan hidup. Demokrasi yang dewasa adalah demokrasi yang dilatarbelakangi dengan kebebasan, bebas menentukan pilihan, tidak ada intimidasi, tekanan, ataupun paksaan untuk memilih seseorang," katanya.
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018
Badan Pengawas Pemilu Maluku Utara akui Pemilu 2019 sangat kompleks Sebelumnya

Badan Pengawas Pemilu Maluku Utara akui Pemilu 2019 sangat kompleks

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah