pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

MK bersama kepolisian pertebal pengamanan di sekitar Gedung MK

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Sejumlah sepeda motor Korps Brimob dipersiapkan dalam rangka penebalan pengamanan selama masa penanganan perkara PHPU di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat, Senin (25/3/2024). ANTARA/Nadia Putri Rahmani
Pertimbangan ya karena memang sidang PHPU ini pasti kan 'magnitudo-nya' besar

Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono mengatakan bahwa lembaga peradilan tersebut bersama kepolisian mempertebal pengamanan di sekitar Gedung MK, Jakarta Pusat.

"Pengamanan di dalam dan di luar Gedung MK otoritas-nya kepolisian, jadi kita tidak tahu persis berapa petanya. Namun, di depan, di belakang, dan di luar Gedung MK ada ratusan personel kepolisian,” kata Fajar ketika ditemui di Gedung MK, Senin.

Fajar menyebut, pertimbangan mempertebal pengamanan itu karena penanganan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) baik Pileg maupun Pilpres akan banyak menarik perhatian masyarakat, sehingga dilakukan langkah preventif untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Pertimbangan ya karena memang sidang PHPU ini pasti kan 'magnitudo-nya' besar, sehingga jadi makin banyak yang menyaksikan secara langsung. Ini menjadi upaya mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," tutur dia.

Sementara itu, pada Jumat (22/3), Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol. Susatyo Purnomo Condro terlihat mendatangi MK. Fajar mengatakan, pertemuan tersebut merupakan pembicaraan awal terkait pengamanan di ruang sidang.

Baca juga: TPN pastikan parpol pengusung ikut berkoordinasi ajukan gugatan ke MK

Baca juga: PPP ajukan gugatan PHPU Pileg 18 provinsi ke MK karena suara hilang

Baca juga: Tim Hukum AMIN: Rencana gugat ke MK sudah 1 bulan sebelum pencoblosan


"Membahas soal pengamanan ruang sidang. Bagaimana pengamanan ruang sidang, bagaimana alur pengamanan. Itu diatur sedemikian rupa," ujarnya.

Berdasarkan pantauan pada Senin pagi, di bagian pintu depan Gedung MK di Jalan Medan Merdeka Barat mulai terpasang pagar beton dengan kawat berduri di sepanjang jalan.

Lalu, pada bagian jalan di antara Gedung MK dengan Gedung Kementerian Perhubungan, polisi telah menyiapkan satu unit mobil water cannon. Sedangkan di sepanjang trotoar terparkir 10 motor trail Korps Brimob. Satu mobil taktis dengan dua personel polisi juga dipersiapkan di pos sekuriti pintu utama.

Kemudian, pada pintu belakang Gedung MK, yakni di Jalan Abdul Muis, telah disiapkan satu unit mobil Gegana, satu unit mobil taktis, dan beberapa personel yang berjaga di pos sekuriti pintu belakang.

Diketahui, berdasarkan jadwal, pada Senin, tahapan yang dilakukan adalah pencatatan permohonan pemohon dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi Elektronik (e-BRPK) dan penerbitan Akta Registrasi Perkara Konstitusi (ARPK).

Selanjutnya, pada Kamis (28/3), akan digelar tahapan penyerahan jawaban termohon, keterangan pihak terkait serta pemberi keterangan, dan pemeriksaan persidangan.

Pewarta:
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024
KPU siapkan strategi untuk hadapi gugatan di MK Sebelumnya

KPU siapkan strategi untuk hadapi gugatan di MK

KPU dukung revisi UU Pemilu Selanjutnya

KPU dukung revisi UU Pemilu