pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Seluruh pihak diajak jaga keadilan dan keabsahan PSL

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Bawaslu Jakarta Utara menggelar jumpa pers terkait pelaksanaan pemungutan suara lanjutan (PSL) di Jakarta Utara, Kamis (22/2/2024). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi.
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Utara mengajak seluruh pihak untuk menjaga keadilan dan keabsahan pelaksanaan pemungutan suara lanjutan (PSL) di 18 tempat pemungutan suara (TPS) daerah setempat, Sabtu (24/2).

"Kami mengajak seluruh pihak terkait untuk bersama-sama menjaga keadilan dan keabsahan proses pemilu lanjutan ini," kata anggota Bawaslu Jakarta Utara Yapto Sendra di Jakarta, Kamis.

Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Jakarta itu juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam pemilu lanjutan ini dengan penuh tanggung jawab.

Menurut dia, yang paling penting dalam pelaksanaan PSL dengan menjaga ketertiban dan menghormati hasil pemilihan sehingga tidak mengganggu keamanan dan stabilitas wilayah.

Dirinya berharap agar pemilu lanjutan ini berjalan sukses dan memberikan warga Jakarta Utara pemimpin yang dipilih secara demokratis.

Baca juga: KPU Jakarta Utara diminta untuk matangkan persiapan PSL

"Ini sebagai bentuk komitmen Bawaslu Jakarta Utara untuk mewujudkan pemilihan yang transparan dan berintegritas," kata dia.

Ia menjelaskan bahwa pemilu lanjutan diselenggarakan sebagai respons terhadap situasi khusus yang terjadi dalam proses tahapan pemilu sebelumnya berdasarkan pasal 431 ayat (1) dan (2) UU 7 tahun 2017.

"Kami menekankan pentingnya keberlanjutan proses demokrasi dan keterlibatan masyarakat dalam pemilihan umum," kata dia.

Sebelumnya, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat serta Humas Bawaslu Jakarta Utara, Ronald Reagen mengatakan Pemungutan Suara Lanjutan akan digelar pada 18 TPS di tiga kecamatan Jakarta Utara.

Sebanyak 12 TPS di Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, lalu tujuh TPS di Kelurahan Pengangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading dan satu TPS di Kecamatan Pademangan.

Baca juga: KPU DKI pastikan logistik terdistribusi H-1 Pemungutan Suara Lanjutan

Ia mengatakan mengenai persiapan pengawasan logistik untuk pemilu lanjutan, pihaknya akan berupaya keras melakukan fungsi pengawasan.

Mulai aspek yang menyangkut pemungutan suara, perhitungan dan pengumuman hasil akan diperhitungkan secara cermat.

"Hal ini untuk memastikan keberlangsungan pemilihan yang lancar," kata dia.
Pewarta:
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024
Tinjau PSU di Pidie Jaya, Bawaslu minta tanpa ada kesalahan berulang Sebelumnya

Tinjau PSU di Pidie Jaya, Bawaslu minta tanpa ada kesalahan berulang

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran