pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

WNI di London tidak bisa memilih, Moeldoko: itu tidak boleh terjadi 

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di TPS 66 Jalan Kavling Kowilhan, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (14/2/2024) (ANTARA/Walda Marison)
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menilai peristiwa Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di London yang melarang Warga Negara Indonesia (WNI) memilih seharusnya tidak boleh terjadi

"Pengalaman begitu enggak boleh lagi terjadi karena pemilihan ini sudah dirancang sedemikian rupa," kata Moeldoko saat ditemui di TPS 66 Jalan Kavling Kowilhan, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu.

Menurut dia, koordinasi antara penyelenggara Pemilu harus dilakukan agar proses pemilihan di luar negeri berjalan dengan lancar.

Dia juga menilai pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah melakukan persiapan sejak jauh hari agar proses pemilihan di dalam maupun luar negeri bisa berjalan dengan baik.

"Waktunya panjang, dan punya perencanaan yang tersiapkan dengan baik sehingga semestinya nggak ada lagi hal-hal yang seperti itu," kata dia.

Moeldoko berharap peristiwa ini bisa jadi pembelajaran dan dapat dihindari pada saat gelaran pemilu selanjutnya.

Sebelumnya, beredar video sejumlah WNI yang tidak bisa menggunakan hak pilih di tempat pemungutan suara (TPS) 001 dan 003 di Kota London, yakni The KIA Oval (Jardine Suite) Kennington, London, SE11 5SS.

Dalam video yang beredar, para pemilih mengatakan telah tiba sebelum pukul 18.00 waktu setempat, tetapi PPLN tidak mempersilakan mereka masuk TPS.

Sementara itu, PPLN London menanggapi video viral dengan narasi yang menyebutkan sejumlah WNI di Inggris Raya dan Irlandia tidak bisa menyalurkan hak pilihnya pada hari pemungutan suara Pemilu 2024.

Ketua PPLN London Denny Kurniawan mengatakan pelaksanaan pemungutan suara di TPS 001 dan 003 justru melebihi waktu yang ditentukan dalam Keputusan KPU Nomor 66 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara Dalam Pemilihan Umum, yakni pukul 08.00-18.00 atau dalam rentang waktu 10 jam.

"Pelaksanaan pemungutan suara di TPS 001 dan 003 dilaksanakan pada pukul 08.00 sampai 20.00 waktu setempat. Lebih lama dari waktu yang ditentukan dalam Keputusan KPU Nomor 66 Tahun 2024," kata Denny dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Denny mengatakan bahwa waktu pelaksanaan pemungutan suara yang lebih lama dari ketentuan dilakukan dalam rangka mengakomodasi calon pemilih yang telah berada di dalam gedung yang dijadikan TPS.

Dia menambahkan bahwa ketentuan mengenai aturan kesehatan dan keamanan yang berlaku di Britania Raya dengan menerapkan sistem buka tutup gerbang dan pintu masuk yang menyesuaikan kapasitas gedung dinilai tidak memengaruhi proses pendaftaran pemilih.

Oleh sebab itu, Denny mengatakan bahwa tidak diperkenankannya sejumlah WNI untuk menggunakan hak pilihnya karena mereka masih tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) di dalam negeri.

"Berkenaan dengan pemilih yang tidak diperkenankan masuk daftar pemilih khusus (DPK), hal ini karena pemilih tersebut sudah terdaftar di DPT dalam negeri," tuturnya.

Sebelumnya, akun media sosial X, @gobuddyvlr, mencuit pada Selasa pukul 1.34 WIB;

Ada ratusan masyarakat Indonesia tidak diperbolehkan melakukan pemilihan di Inggris, menurut ketua PPLN UK ada health & safety regulations.

Cuitan tersebut hingga Selasa pukul 21.50 WIB mencapai sekitar 14.000 unggah ulang, 1.852 kutipan, 35.000 akun menyukai, dan 2,5 juta tayangan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Setelah masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari. Selang sehari, 14 Februari 2024, pemungutan Pilpres, Pileg, termasuk Pemilu anggota DPD RI.
Baca juga: Bawaslu akan cek dugaan pelanggaran oleh PPLN London
Baca juga: PPLN London tanggapi video viral WNI tidak bisa mencoblos

 
Pewarta:
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024
KPU sebut sejumlah TPS terendam dan dua ambruk di Kelapa Gading Sebelumnya

KPU sebut sejumlah TPS terendam dan dua ambruk di Kelapa Gading

KPU tetapkan rapat pleno rekapitulasi nasional pascaputusan MK 25 Juli Selanjutnya

KPU tetapkan rapat pleno rekapitulasi nasional pascaputusan MK 25 Juli