pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPU Makassar distribusi logistik pemilu ke area kepulauan

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Distribusi logistik Pemilu 2024 ke sejumlah pulau di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (11/2/2024). ANTARA/Nur Suhra Wardyah/aa.
Makassar (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar saat ini sedang mendistribusikan logistik pemilu ke sejumlah area kepulauan di Kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar.

Ketua KPU Kota Makassar Hambaliie mengemukakan bahwa pihaknya beberapa hari terakhir ini menunggu tidak ada badai maupun hujan untuk distribusi logistik pemilu.

"Logistik ini untuk Kecamatan Sangkarrang. Di sana ada tiga kelurahan dengan beberapa pulau dan 41 tempat pemungutan suara (TPS). Mudah-mudahan tiba dengan selamat," kata Hambaliie di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu.

Distribusi logistik Pemilu 2024, kata Hambaliie, memang sempat tertunda dua kali karena cuaca ekstrem yang tidak memungkinkan pengiriman logistik.

"Kami melihat cuaca, kemarin itu kami menghindari cuaca ekstrem, apalagi saya baca prediksi BMKG itu ombak setinggi 4 meter, jadi kami tidak jadi berangkat. Mudah-mudahan hari ini sampai dengan selamat," ujarnya.

Hambaliie menyebut bahwa ada tiga pulau untuk mendistribusikan logistik, mulai dari Pulau Kodingareng, Barrang Caddi, lalu Barrang Lompo sebagai ibu kota kecamatan.

KPU Kota Makassar mencatat terdapat daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 10.261 orang di Kecamatan Sangkarrang.

Logistik yang dikirim pada hari ini berupa 205 kotak suara plus 41 kantong plastik untuk pengamanannya. Namun, kotak suara belum dirakit karena akan mengambil tempat di perahu sehingga perakitan akan dilakukan di Barrang Lompo.

Selanjutnya dari Pulau Barrang Lompo, kotak suara akan dirakit untuk dikirim ke sejumlah pulau kecil, seperti Pulau Langkai yang memakan waktu hingga 4 jam.

"Kami target distribusi logistik pemilu selesai sampai besok. Akan tetapi, kalau ada sore ini selesai, kami selesaikan sore ini. Makanya, kami satu kali pengiriman," ujarnya.

Baca juga: TNI AL kerahkan kapal-kapalnya bantu distribusi logistik pemilu
Baca juga: KPU Manokwari lanjutkan distribusi logistik pemilu ke tiga distrik


Berdasarkan data KPU RI, daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional pada Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih.

Sebelumnya, KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Setelah masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari. Selang sehari, 14 Februari 2024, pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, bersamaan dengan Pilpres 2024.
Pewarta:
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024
KPU Bukittinggi ingatkan coblos dua kali pada Pemilu dipidana 18 bulan Sebelumnya

KPU Bukittinggi ingatkan coblos dua kali pada Pemilu dipidana 18 bulan

KPU tingkatkan pelayanan bagi pemilih disabilitas di Pilkada 2024 Selanjutnya

KPU tingkatkan pelayanan bagi pemilih disabilitas di Pilkada 2024