pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Akademisi ULM serukan jaga semangat persatuan untuk pemilu damai

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
DR Taufik Arbain, S.Sos, MSi bersama Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto saat acara deklarasi pemilu damai oleh para tokoh suku bangsa di Banjarmasin, Kalsel. ANTARA/Firman.
"Pilihan boleh berbeda tapi persatuan tetap kita jaga demi lancarnya pelaksanaan pemilu untuk Indonesia lebih baik,"
Banjarmasin (ANTARA) - Akademisi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang juga pakar bidang ilmu politik Taufik Arbain menyerukan masyarakat senantiasa menjaga semangat persatuan untuk pemilu damai dengan menghindari setiap sikap ataupun tindakan yang dapat memecah belah rasa persaudaraan sesama anak bangsa.

"Pilihan boleh berbeda tapi persatuan tetap kita jaga demi lancarnya pelaksanaan pemilu untuk Indonesia lebih baik," kata dia di Banjarmasin, Kamis.

Diakui Taufik, jelang Pemilu 2024 telah terjadi peningkatan suhu politik yang harus didinginkan dengan upaya bersama untuk meredamnya.

Dia menyebut polarisasi, gesekan hingga perang opini di masa tahun politik jelang pemilu bisa mengancam persatuan bangsa.

Oleh karena itu, menurutnya tidak ada jalan lain selain menjaga keutuhan bangsa dengan mengedepankan rasa persaudaraan dan menghilangkan ego pilihan untuk calon presiden maupun anggota legislatif.

"Berbeda cukup di bilik suara saja saat mencoblos, setelah keluar dari TPS kita kembali ke rutinitas dan melupakan perbedaan pilihan politik," tegas Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Politik dan Pembangunan Daerah ini.

Senada disampaikan Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri yang menyatakan dukungan penuh agar pemilu dapat terlaksana dengan jurdil dan bermartabat dalam rangka memelihara persatuan dan keutuhan NKRI.

"Alhamdulilah di Kalimantan Selatan sangatlah kondusif karena semua elemen masyarakat punya komitmen mewujudkan pemilu aman dan damai," ucapnya.
Pewarta:
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024
Ahok merasa pengalamannya "pas" usai mundur dari Pertamina Sebelumnya

Ahok merasa pengalamannya "pas" usai mundur dari Pertamina

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran