pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPU OKU sebut persiapan pendistribusian logistik capai 100 persen

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Aparat Polres OKU melakukan pengamanan ketat proses pelipatan surat suara di gudang logistik KPU Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Selasa (6/2/2024). ANTARA/Edo Purmana/aa.

Baturaja (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Ade Satria memastikan persiapan pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke tempat pemungutan suara (tps) mencapai 100 persen.

"Bisa dikatakan semua logistik pemilu sudah siap didistribusikan ke seluruh tps di Kabupaten OKU," kata Ade di Baturaja, ibu kota Kabupaten OKU, Kamis.

Dia mengatakan, sesuai jadwal logistik Pemilu 2024 mulai didistribusikan pada 11 Februari 2024 ke seluruh tps di wilayah itu.

Pendistribusian logistik tersebut akan dilakukan oleh Kantor Pos Baturaja menggunakan angkutan truk menuju ke tempat penyimpanan sementara ppk di seluruh kecamatan di Kabupaten OKU.

"Dan tentunya pendistribusian nanti mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian," tegasnya.

Menurut Ade, KPU OKU bersama pihak terkait telah mengatur mekanisme pendistribusian mulai dari pengepakan, hingga loading logistik ke armada angkutan, hingga pengiriman dari gudang kpu ke ppk hingga ke tps.

"Semua persiapan sudah siap tinggal menunggu hari pendistribusiannya saja," kata Ade.

Termasuk juga pihaknya menyiapkan mekanisme pendistribusian logistik ke tps khusus atau terjauh menggunakan kendaraan roda dua seperti motor trail.

"Ada sekitar 21 tps yang perlu diberi perlakuan khusus saat pendistribusian logistik seperti di Desa Mendingin, Kecamatan Ulu Ogan dan beberapa wilayah lainnya," ungkapnya.

Perlakuan khusus itu dengan memberikan lapisan plastik dan papan pada kotak suara untuk menjaga keamanannya saat dibawa menuju tps.

"Dalam pendistribusian ke tps terjauh, terutama yang menggunakan kendaraan roda dua seperti motor trail, kotak suara akan dilapis ganda untuk mencegah kerusakan jika terjatuh," tegasnya.

Baca juga: KPU Natuna gandeng Pelni logistics distribusi logistik pemilu ke ppk

Baca juga: KPU Wondama gunakan kapal distribusi logistik pemilu ke daerah pesisir

Pewarta:
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024
Hari ke-73, Prabowo-Gibran kampanye akbar di Bandung Sebelumnya

Hari ke-73, Prabowo-Gibran kampanye akbar di Bandung

Tiap daerah beda masalah, Panwascam dilatih mampu petakan kerawanan Selanjutnya

Tiap daerah beda masalah, Panwascam dilatih mampu petakan kerawanan