pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Polisi kawal distribusi surat suara ke penyimpanan kecamatan di Jakbar

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Polisi mengawal distribusi surat suara KPU Jakarta Barat dari GOR Tanjung Duren ke lokasi penyimpanan logistik pemilu di kecamatan-kecamatan setempat, Jumat (2/2/2024). ANTARA/Risky Syukur.

Jakarta (ANTARA) - Kepolisian mengawal distribusi surat suara dari gudang logistik Komisi Pemilihan Umum Jakarta Barat ke lokasi penyimpanan kecamatan di wilayah tersebut.

Surat suara tersebut adalah surat calon presiden dan wakil presiden, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI yang masing-masing berjumlah 1.946.535 lembar ditambah dua persen.

"Pengamanan logistik sejauh ini sudah berjalan dengan baik dan lancar," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol M Syahduddi saat ditemui di Jakarta pada Jumat.

Pihaknya juga telah mengawal pendistribusian logistik pemilu ke delapan kecamatan di Jakarta Barat (Jakbar).

"Terakhir kemarin pada hari Selasa dan Rabu hingga hari ini, kita amankan pendistribusian surat suara dari gudang logistik KPU Jakarta Barat ke gudang logistik PPK di delapan kecamatan," katanya.

Baca juga: KPU Jakbar mulai distribusi surat suara ke tempat logistik kecamatan

Syahduddi mengatakan bahwa pengamanan yang dilakukan berdasarkan permintaan dari KPU setempat.

"Ya, kita ikut apa yang diminta oleh pihak KPU. Jadi ketika KPU mengirimkan surat permohonan pengawalan dan pengamanan pendistribusian surat suara, pasti akan kita lakukan," ujar Syahduddi.

Pengamanan, kata Syahduddi, juga dilakukan pada di gudang penyimpanan KPU Jakbar dan juga penyimpanan di setiap kecamatan

"Kita lakukan kegiatan-kegiatan pengamanan dan pengawalan, termasuk pengamanan di gudang logistik surat suara di tiap-tiap kecamatan," kata Syahduddi.

Dalam pengamanan tersebut, polisi bekerjasama dengan TNI serta KPU dan Bawaslu setempat. "Dari TNI ada, dari Kodim, kemudian dari KPU sendiri, dari Bawaslu juga ikut mengawasi, termasuk dari PPK-nya juga," kata Syahduddi.

Baca juga: KPU Jakbar beri bimtek bagi petugas KPPS

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat mendistribusikan surat suara surat suara calon presiden dan wakil presiden, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI ke penyimpanan logistik kecamatan pada Kamis (1/2).

Ketua KPU Jakbar Endang Istianti mengatakan bahwa distribusi surat suara dari tiga kategori pemilihan tersebut dilakukan dari GOR Tanjung Duren, Grogol Petamburan menuju tujuh kecamatan lainnya.

"Iya hari ini (distribusi surat suara). Dari GOR Tanjung Duren ke seluruh kecamatan di Jakbar," kata Endang pada Kamis (1/2).

Endang mengatakan bahwa pihaknya menargetkan distribusi surat suara akan dirampungkan hari ini, tetapi jika belum selesai maka akan dilanjutkan besok. "Iya, dilanjutkan besok kalau belum selesai," kata Endang.

Untuk surat suara DPR RI Dapil Jakarta III telah dirampungkan Rabu (31/1). "Sudah selesai kemarin," kata Endang.

Pewarta:
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024
KI DKI tuntaskan sidang sengketa informasi 10 parpol Sebelumnya

KI DKI tuntaskan sidang sengketa informasi 10 parpol

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran