pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

PYC harap cawapres beri solusi implementasi transisi energi

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Ketua Umum Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) Filda Citra Yusgiantoro. (ANTARA/HO-PYC)
“Debat Cawapres harus menggaungkan tentang tata kelola yang baik dalam merencanakan transisi energi berkelanjutan sehingga masyarakat dapat menjangkau ketersediaan, akses, dan harga energi yang murah,”
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) Filda Citra Yusgiantoro berharap para calon wakil presiden akan memberikan solusi terbaik terkait implementasi transisi energi pada aspek pendanaan, diversifikasi ekonomi lingkungan, dan pasar tenaga kerja di sektor energi.

Harapan itu disampaikan Filda menyusul debat cawapres yang akan diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, pada Minggu (21/1), pukul 19.00 WIB.

“Debat Cawapres harus menggaungkan tentang tata kelola yang baik dalam merencanakan transisi energi berkelanjutan sehingga masyarakat dapat menjangkau ketersediaan, akses, dan harga energi yang murah,” kata Filda dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Selain itu, dia berharap para cawapres dapat menyampaikan strategi dan solusi kebijakan yang efektif terkait isu-isu di sektor energi, terutama dalam mengatasi tantangan dari berbagai aspek teknis, finansial, dan regulasi.

Ia menyebutkan target pemerintah memensiunkan 27 Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) batubara dengan total kapasitas 17.000 MW hingga tahun 2030 adalah bagian dari transisi menuju nol emisi karbon (net zero emission/NZE). Hal tersebut telah menjadi tantangan besar bagi Indonesia.

“Kami sangat berharap para kandidat secara eksplisit menyampaikan strategi dan solusi pembiayaan transisi energi yang berkeadilan,” ujarnya.

Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024 membahas tema terkait energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Rangkaian debat capres-cawapres Pemilu 2024 terakhir akan berlangsung pada 4 Februari untuk capres dan mengusung tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia (SDM), dan inklusi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.
Pewarta:
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024
Survei EPI Center: Elektabilitas Prabowo-Gibran capai 50,2 persen Sebelumnya

Survei EPI Center: Elektabilitas Prabowo-Gibran capai 50,2 persen

Tiap daerah beda masalah, Panwascam dilatih mampu petakan kerawanan Selanjutnya

Tiap daerah beda masalah, Panwascam dilatih mampu petakan kerawanan