pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

TPN sebut Ganjar mampu membumikan isu elitis dalam debat ketiga

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Pakar hubungan internasional TPN Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Thomas Noto Suoneto, dalam acara diskusi di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta, Selasa (9/1/2024). ANTARA/Rio Feisal.
Jakarta (ANTARA) - Pakar hubungan internasional Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Thomas Noto Suoneto, mengataka, calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mampu membumikan isu elitis dalam debat ketiga, Minggu malam (7/1).

"Topik yang sifatnya elitis yang bahkan cenderung sulit untuk dipahami masyarakat umum, namun kemaren khususnya yang kita lihat dari Pak Ganjar itu mencoba membumikan isu-isu elitis tersebut kepada masyarakat umum," kata Noto dalam diskusi media di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta, Selasa.

Baca juga: Ganjar beri wejangan soal kreativitas hingga bonus demografi

Ia juga mengatakan bahwa Ganjar mampu mensinergikan isu kepentingan domestik dengan internasional. Padahal, menurut dia, sinergi itu sulit dilakukan untuk menjelaskan keterkaitan antara dua isu tersebut kepada masyarakat umum.

Ia juga menjelaskan bahwa Ganjar mampu menjadi pihak yang solutif dalam debat ketiga, terutama mengenai konflik Laut China Selatan.

"Beliau sampaikan kemarin misalnya mengenai Laut China Selatan yang memang isunya tidak sesempit hanya urusan Indonesia, ini urusan berbagai negara begitu ya. Jadi banyak isu-isu yang ditawarkan Pak Ganjar kemarin sifatnya adalah solutif," katanya.

Baca juga: Ganjar siap tenggelamkan kapal asing yang mencuri di laut Indonesia

Sementara itu, ia mengatakan bahwa isu atau tema dalam debat ketiga tidak boleh dimonopoli. Selain itu, dia mengatakan isu pertahanan tidak boleh dipolitisasi.

"Saya tidak sepakat isu pertahanan ini tidak boleh dipolitisasi karena ketika ini berkaitan dengan pajak, berkaitan dengan hajat hidup orang banyak, keputusan starategis itu adalah politik," ujarnya.

Selepas debat pertama pada tanggal 12 Desember 2023 dan debat kedua pada tanggal 22 Desember 2023, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar debat ketiga yang kembali mempertemukan para capres.

Baca juga: Ganjar akan buat KPI kabinet untuk dinilai rakyat

Tema debat ketiga yang diselenggarakan KPU di Jakarta, Minggu (7/1), meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Sebelumnya, KPU telah menetapkan peserta Pemilu presiden dan wakil presiden 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024
Prabowo: Indonesia harus dipimpin sosok yang arif dan bijaksana Sebelumnya

Prabowo: Indonesia harus dipimpin sosok yang arif dan bijaksana

Tiap daerah beda masalah, Panwascam dilatih mampu petakan kerawanan Selanjutnya

Tiap daerah beda masalah, Panwascam dilatih mampu petakan kerawanan