pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Kepolisian lakukan pemetaan keamanan saat debat capres

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Arsip Foto - Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro saat pengamanan massa di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2023). (ANTARA/Siti Nurhaliza)
Jakarta (ANTARA) - Kepolisian melakukan pemetaan keamanan di lokasi debat calon presiden (capres) yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu malam.
 
"Kami sudah menempatkan personel dan sterilisasi di Ring 1 area debat, area paslon dan tamu undangan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro saat dikonfirmasi di Jakarta.

Pengamanan juga dilakukan di Ring 2 dan Ring 3. Lokasi tersebut merupakan sektor terluar pintu keluar-masuk ke kawasan Gelora Bung Karno (GBK) hingga di tempat-tempat parkir.
 
Dalam rangka pengamanan saat debat capres ketiga yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kepolisian mengerahkan sebanyak 3.101 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Pemda DKI dan instansi terkait.

Baca juga: Polisi siagakan kendaraan taktis untuk pengamanan Debat Pilpres
 
Selain itu, lokasi debat berada di dalam area kawasan GBK sehingga belum perlu dilakukan penutupan jalan. Rekayasa lalu lintas berlaku secara situasional bila dibutuhkan.
 
"Untuk penutupan atau pengalihan arus lalu lintas kita melihat dinamika situasi di lapangan. Kita juga ingin masyarakat yang beraktivitas di sekitar kawasan GBK tidak terganggu," ujar Susatyo.
 
KPU juga sudah membuat aturan debat bagi Capres Pemilu 2024 maupun tata tertib bagi para pendukung pasangan calon (paslon). Pihak Kepolisian tinggal melaksanakan teknis pengamanannya dengan bersikap persuasif dan humanis.
 
Dengan kesiapan pengamanan yang sudah dijalankan, Kapolres Metro Jakarta Pusat mengajak kepada semua pihak untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban selama debat capres berlangsung.

Baca juga: KPU gelar Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 malam ini
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 yang diikuti oleh tiga calon presiden (capres) di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam, mulai pukul 19.00 WIB.
 
Debat yang diikuti oleh capres untuk kedua kalinya itu mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan politik luar negeri.
 
Debat capres tersebut dipandu oleh dua moderator, yakni Anisha Dasuki dan Aryo Ardi. Kemudian, ada 11  panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk ketiga capres peserta Pilpres 2024.
Pewarta:
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024
PAN ungkap pesan Jokowi saat makan siang dengan Zulhas Sebelumnya

PAN ungkap pesan Jokowi saat makan siang dengan Zulhas

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah