pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Dewan pakar TPN: Ganjar-Mahfud janji tambah hilirisasi industri

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Para jubir Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud bersama Dewan Pakar TPN Anton Gunawan (tengah) menggelar sesi diskusi di Media Center Ganjar Pranowo-Mahfud Md., Jakarta Pusat, Selasa (19/12/2023). ANTARA/Hana Kinarina.
Jakarta (ANTARA) -
Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) Anton Gunawan menyebutkan salah satu janji politik Ganjar-Mahfud ialah menambah hilirisasi industri guna menyerap lebih banyak tenaga kerja.
 
Anton Gunawan menerangkan bahwa pasangan calon nomor urut 3 tersebut menilai beberapa sektor industri memiliki mata rantai yang cukup panjang. Namun, belum dimanfaatkan secara maksimal.
 
"Kalau yang sekarang terkenal hilirisasi sudah dilakukan di sektor nikel, dan ini akan ditambah untuk ke beberapa tempat," ujar Anton Gunawan saat sesi diskusi di Media Center Ganjar Pranowo-Mahfud Md., Jakarta Pusat, Selasa.
 
Ia menyebutkan salah satu industri yang akan mendapat penguatan hilirisasi ialah sektor perkebunan, termasuk perkebunan sawit. Pasalnya, industri ini memiliki mata rantai yang cukup panjang dari hulu ke hilir, namun tidak serumit industri nikel.
 
Pada industri sawit, misalnya, pemanfaatan hasil-hasil bahan kimia yang diperoleh dari lemak dan minyak nabati alami (oleokimia), seperti kosmetik dan detergen masih belum maksimal.
 
"Sudah mulai tetapi belum terlalu dieksplorasi di Indonesia. Jadi, oleochemical menjadi bagian yang untuk terus dilanjutkan," jelasnya.
 
Lewat perluasan dan penguatan hilirisasi industri, Ganjar-Mahfud berjanji akan membawa lebih banyak lapisan masyarakat untuk naik kelas sebab hal tersebut diyakini membuka lebih banyak lapangan pekerjaan, baik formal maupun informal.

Baca juga: Ganjar miliki pandangan berbeda dengan Jokowi soal pupuk subsidi
Baca juga: Ganjar soal Prabowo menyatu dengan Jokowi: Banyak klaim masa kampanye
 
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
Pewarta:
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023
Gus Imin: Wajib hukumnya setiap desa memiliki satu lapangan Sebelumnya

Gus Imin: Wajib hukumnya setiap desa memiliki satu lapangan

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran