pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Timnas AMIN sebut IKN tidak dibatalkan tapi utamakan kebutuhan dasar

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Arsip foto - Suasana pembangunan Kompleks Istana Kepresidenan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (2/11/2023). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc/aa.
Jakarta (ANTARA) - Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) menegaskan pasangan capres dan cawapres mereka tidak akan membatalkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), namun memilih menyelesaikan permasalahan mendasar terlebih dahulu sebagai prioritasnya.

"Kami tidak menyatakan akan membatalkan IKN, tetapi kami akan mengkaji dengan disesuaikan kepada kondisi 2024 saat AMIN memimpin," kata Juru Bicara (Jubir) Timnas AMIN, Usamah Abdul Aziz di Jakarta, Sabtu.

Hal itu untuk menjawab pernyataan calon wakil presiden nomor urut tiga Mahfud MD yang menyebut bahwa negara akan kacau bila pemimpin baru menentang pembangunan IKN, karena secara langsung hal itu bertentangan dengan undang-undang.

Usamah mengatakan bahwa, pasangan Anies dan Cak Imin tidak pernah menyatakan akan menghentikan pembangunan IKN, namun yang dimaksud yaitu lebih mengutamakan permasalahan mendasar yang masih belum terselesaikan seperti pembangunan fasilitas kesehatan, pendidikan, dan pemenuhan pangan murah.

"Kami ingin mengutamakan kepentingan rakyat dengan mendahulukan kesehatan, pendidikan, pangan, dan lainnya. Kalau menurut kami lebih kacau mana IKN batal atau rakyat masih kesulitan kesehatan, IKN batal atau akses pendidikan tidak merata atau harga-harga kebutuhan pokok masih tidak terjangkau," ujarnya.

Usamah memastikan AMIN masih akan mengkaji ulang pembangunan IKN, terutama ketika terpilih sebagai presiden dan wakil presiden 2024-2029.

Menurutnya ketika kondisi keuangan negara sudah stabil, maka pembangunan IKN bisa dilanjutkan.  Akan tetapi, ketika keuangan dan kebutuhan mendasar di Indonesia belum selesai, maka IKN tidak menjadi prioritas.

"Kami lihat dahulu apakah keuangan negara apakah layak, atau mumpuni, kalau memang layak bisa dilanjutkan lagi, tapi kalau tidak layak kami akan kaji ulang, karena kami belum bisa menjamin itu dibatalkan," katanya.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
 
Pewarta:
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023
Prabowo Subianto ajak masyarakat gunakan hak suara pada Pemilu Sebelumnya

Prabowo Subianto ajak masyarakat gunakan hak suara pada Pemilu

Arsul Sani ikut sidang PHPU Pileg terkait PPP, tapi tak ikut memutus Selanjutnya

Arsul Sani ikut sidang PHPU Pileg terkait PPP, tapi tak ikut memutus